Duta Besar RI untuk Singapura Suryo Pratomo menyebut Arabika Kopi Sipirok (AKS) memiliki aroma yang khas dibanding kopi lainnya yang ada di Indonesia.

Owner AKS Coffe, Sholi Pohan, mengutarakan itu usai mengikuti kegiatan Forum Group Discussion (FGD) dengan Enterprise SG di Singapura bersama Suryo Pratomo, Rabu (5/4).

Menurut Suryo aroma Kopi Arabika Sipirok memiliki aroma khas. "Aroma-nya harum banget," kata Suryo ditirukan Sholih setelah menerima oleh-oleh bubuk kopi dari AKS Coffee.

Terlepas dapat pujian, Sholi, dari FGD rangkaian Pameran Trade Mission Singapore di Westt Mall Singapore (3-9 April 2023) mengakui mendapat banyak ilmu dunia ekspor kopi.

"Mengenai dunia ekspor kopi dan bersaing dengan 160 lebih negara lainnya, saya akan terus belajar dan membenahi lagi internal AKS Coffee. Kelak benar-benar menjadi supplier kopi ke negara lain khusus Singapura," tekad Sholi.

Disinggung mengapa memilih negara Singapura? Karena menurut dia, Singapura adalah negara di ASEAN yang bisa dikatakan paling ketat dalam peraturan untuk menerima produk apapun dari negara lain.

"Bila kita (sebuah produk) sudah bisa menembus pasar Singapura, insya Allah produk kita bisa dikatakan bisa diterima masuk ke negara lain," katanya.

Atas kesempatan dapat menimba ilmu sekaligus bisa tampil di Pameran Trade Mission Singapore 2023, AKS Coffe tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada Kementerian BUMN, Kadin Indonesia dan khususnya PT PLN (Persero). 

"Termasuk motivasi dari Pak Suryo Pratomo, Dubes RI untuk Singapura yang telah memberi suport serta semangat agar bagaimana Kopi Arabika Sipirok harus bangkit bersaing dengan negara lain," ujarnya.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023