Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Tarutung Kanwil Kemenkumham Sumut bersama sejumlah personel TNI dan Polri kembali melakukan bersih-bersih dan penggeledahan blok dan kamar hunian warga binaan pemasyarakatan.

Kegiatan dipimpin langsung oleh Kepala Rutan Tarutung Ismet Sitorus bersama jajaran pejabat struktural, Tim Satops Patnal pemasyarakatan dan petugas Rutan Tarutung.

"Bersih-bersih ini merupakan bentuk kegiatan untuk menjaga situasi kondisi Rutan Tarutung dalam keadaan aman dan tertib serta untuk menjaga kebersihan kamar hunian dan lingkungan kantor," terang Ismet Sitorus, Jumat (17/3).

Kegiatan dimulai dengan pelaksanaan apel kesiapan petugas serta pengarahan singkat dari Kepala Rutan Tarutung, dan selanjutnya tim yang sudah dibagi bergerak menuju ke lokasi blok hunian WBP.

"Kegiatan bersih-bersih dan penggeledahan merupakan rangkaian kegiatan memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-59 tahun 2023," sebutnya.

Penggeledahan dilaksanakan sesuai standar operasional prosedur, dimana badan dan kamar hunian WBP diperiksa dengan tetap mengedepankan etika dalam bertindak dan sikap humanis.

Hasil penggeledahan, petugas berhasil mengamankan sejumlah barang yang dilarang berada di dalam blok hunian yakni mancis, gunting kuku, cukur silet, kartu poker, gelas kaca dan sejumlah benda dari besi atau logam, tanpa menemukan keberadaan "handphone" maupun narkoba.

Seluruh barang hasil penggeledahan dicatat petugas untuk dimusnahkan dan akan menjadi poin evaluasi untuk mengambil langkah dalam meningkatkan keamanan dan ketertiban di dalam lingkungan Rutan Tarutung.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023