Plt. Sekretaris Daerah Kota Tebing Tinggi Drs. Bambang Sudaryono didampingi oleh Kabag Perekonomian dan SDA Ir. Nasrullah, Danramil 13/ TT Kapt. Inf. Yudi Chandra, perwakilan polres, dan para OPD terkait mengikuti zoom meeting rapat koordinasi pengendalian inflasi daerah, Senin, (13/03/23) di ruang Sekda.

Jenderal Polisi (Purn.) Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D menyampaikan kita jangan pernah lelah dan berhenti untuk menjaga terus tingkat inflasi kita karena ini sekali lagi adalah hal yang sangat mendasar untuk bangsa kita dan untuk rakyat kita karena ini menyangkut masalah kenaikan harga barang dan jasa.Terutama yang berhubungan dengan pangan perut rakyat menomorsatukan itu agenda semua survey kalau kita lihat apa yang menjadi perhatian rakyat rakit kenaikan harga barang jasa.

Selanjutnya Menteri dalam Negeri Kedua lapangan kerja baru isu isu lain kemudian pada pagi hari ini kita perlu sama melihat bagaimana tren kenaikan harga barang jasa dimana saja daerah impor dapat atensi kemudian komoditas apa saja yang perlu juga di atensi dan perlu diintervensi khusus misalnya apalagi masih musim hujan hidrometeorologi dan minggu depan kita sudah mulai memasuki bulan Ramadan yang biasanya juga kenaikan atau demand akan meningkat permintaan bukan meskipun makannya 2 kali tapi ada nanti ada kegiatan buka puasa bersama dan lain. 

itu yang membuat terjadi kenaikan dimana sebelum dilanjutkan oleh para penjabat dari pusat, saya ingin menyampaikan hasil monitoring untuk daerah yang terkendali cukup baik pada minggu lalu yaitu di bawah angka nasional 5.47% itulah untuk 3 provinsi adalah Sumatra Selatan 5.43% kemudian untuk tingkat kabupaten Alamimika 5.37% dan untuk tingkat kota dan ini sangat baik sekali karena di bawah 5% yaitu kota samarinda 4.91% kemudian untuk daya daerah yang inflasinya di atas rata-rata nasional provinsi lampung 6.52% kemudian kota Dumai, Riau 6.98% dan kabupaten Manokwari 6.83% ini mungkin bisa menjadi perhatian untuk provinsi Papua Barat karena biasanya ke papua barat selalu berada pada posisi yang baik tapi kali ini manokwari kabupaten 6.83% ada anomaly  ada sesuatu pasti untuk itu kita mulai dulu, kata Menteri.
 

Pewarta: Zulfan Kurniawan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023