Dinas Perkebunan dan Peternakan Sumatera Utara tahun ini belum melakukan vaksinasi virus Avian Influenza (AI) atau flu burung terhadap hewan ternak atau unggas di daerah itu.

Kepala Bidang Perlindungan dan Kesehatan Hewan Disbunnak Sumut Tesa Ananta di Medan, Senin, mengatakan saat ini pihaknya belum melakukan proses pengadaan atau penganggaran untuk vaksin tersebut.

"Untuk vaksin tahun ini belum, pengadaan aja belum, karena dinas kita baru bergabung, belum ada Kabid PA-nya dan belum ada PPK-nya, cuman kalau tahun kemarin sering kita lakukan," ujarnya. 

Selanjutnya, Ia juga mengaku sampai saat ini pihaknya belum menemukan laporan soal kematian hewan ternak atau unggas di Sumatera Utara. 

"Belum ada ditemukan laporan kematian unggas di Sumatera Utara, mulai awal Januari sampai bulan Maret ini," katanya. 

Lebih lanjut, ia juga mengatakan pihaknya akan terus melakukan pengawasan yang lebih ketat serta menyosialisasikan kewaspadaan terhadap flu burung ke kabupaten/kota. 

"Saat ini kita sedang membuat surat edaran yang ditandatangani pak sekda dan ini sedang proses penandatanganan, salah satunya untuk pengawasan lalu lintas lebih ketat dan beberapa imbauan dari kementerian kita," ujarnya. 

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023