Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Sumatera Utara mengungkapkan hingga kini belum menemukan pelanggaran selama tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) yang dilakukan petugas data pemilih (pantarlih). 

Koordinator Divisi Hubungan Masyarakat dan Data Informasi Bawaslu Sumut, Marwan, di Medan, Jumat, mengatakan pihaknya saat ini masih melakukan proses menganalisis pengawasan coklit yang dilakukan petugas pantarlih yang tersebar di 33 kabupaten/kota. 

"Kita masih melakukan proses pengecekan analisis coklit yang dilakukan petugas pantarlih di 33 kabupaten/kota. Jika ada perkembangan nanti kita informasikan," ujarnya.

Untuk itu, Marwan berharap petugas yang melakukan coklit ini bekerja secara profesional dan independen serta mematuhi prosedur yang berlaku. 

"Kita berharap petugas di lapangan bekerja sesuai prosedurnya, biar tidak terjadi kesalahan dalam tugasnya," katanya. 

Selanjutnya, Marwan juga menjelaskan pihaknya selalu mengawasi selama tahapan coklit ini berlangsung, Hal itu guna memastikan masyarakat mendapatkan hak pilihnya. 

"Bawaslu selalu mengawasi coklit ini, biar tidak terjadi kesalahan, kita memastikan masyarakat mendapatkan hak pilihnya," katanya.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023