Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah berharap keberadaan museum menjadi daya tarik bagi wisatawan baik Nusantara maupun mancanegara untuk datang ke Sumut.

Ijeck, sapaan akrab Musa, saat membuka Festival Museum Sumut, yang digelar di Museum Provinsi Sumut, Medan, Kamis, mengatakan keberadaan museum bukan hanya sekadar menjadi pusat edukasi, melainkan juga menjadi magnet bagi wisatawan mancanegara untuk datang ke daerah.

"Festival ini sangat baik untuk memperkenalkan museum-museum yang ada di Sumut. Ini masih 13 museum. Di Sumut tadi katanya ada lebih dari 80 museum. Ini kita harapkan ke depannya banyak lagi yang berkontribusi ikut acara ini," ujarnya.

Lebih lanjut, Ijeck mengatakan bahwa keberadaan museum ini sangat penting bagi sebuah daerah. Untuk itu, ia berharap museum-museum ini harus dikelola dengan baik.

"Harus kita maksimalkan untuk penataan. Waktu pada saat awal kita menjabat, penataannya ini belum begitu membaik. Tapi sekarang, sudah jauh lebih baik. Meskipun belum sempurna," ujarnya.

Dirinya pun berharap masyarakat Sumatera Utara dapat memanfaatkan museum-museum yang ada.

Sementara itu, Kepala UPT Museum Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara Rachmat Hadi Saputra mengatakan bahwa dalam Festival Museum Sumut ini ada beberapa agenda yang akan dilakukan.

"Kita juga ada buat beberapa lomba yakni lomba melukis, baca puisi, aksara Batak, permainan tradisional, dan lainnya. Dengan kegiatan ini, kita berharap Festival Museum Sumut ini dapat menjadi ajang untuk mendekatkan museum dengan masyarakat," ujarnya.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023