Petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) mendatangi rumah dinas Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly P.Pasaribu di Sipirok untuk pencocokan dan penelitian (coklit) data Pemilih jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Demikian Komisioner KPU Tapsel Divisi Perencanaan Data Informasi, Efendi Rambe bersama Komisoner KPU Tapsel, Zulhajji Siregar (Divisi SDM Sosdiklih) dan Kemri Syafii (Divisi Hukim dan Pengawasan kepada ANTARA di Sipirok, Kamis (2/3).

Di katakan, saat dilakukan coklit oleh Pantarlih TPS 1 Desa Kilang Papan, Kecamatan Sipirok, menemukan data pemilih Bupati Tapsel beserta Isteri Rosalina Dolly Pasaribu telah terdaftar di formulir A. Kemudian dilakukan pencocokan data terhadap KTP-el dan KK, dan dinyatakan sesuai.

"Setelah selesai pencocokan dan penelitian data dinyatakan sesuai, Pantarlih menyerahkan formulir bukti terdaftar kepada Bupati Tapsel dan menempelkan stiker coklit di depan rumah dinas Bupati Tapsel," jelas Efendi.

Bupati Tapsel Dolly mengapresiasi kerja penyelenggara Pemilu di kabupaten itu. Ia menyatakan coklit data pemilih salah satu point penting terhadap suksesnya Pemilu 2024. Tujuannya untuk melindungi hak-hak konstitusional warga jangan sampai hilang hanya karena tidak terdaftar sebagai pemilih.

"Termasuk warga pemilih pemula, tentu harus sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. Saya selaku Bupati mendukung setiap tahapan pemilu 2024 di Tapanuli Selatan, semoga tercapai pemilu yang jujur dan adil," harap Dolly.

KPU Tapsel tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada Bupati yang telah ikut berperan dalam menyukseskan tahapan Pemilu 2024, terutama dalam program perekaman KTP-el, dimana perekaman-nya terus dilaksanakan di desa/kelurahan, sekolah2 SMA Sederajat, dan dukungan terhadap fasilitasi sekretariat PPK, PPS se Tapsel.

Di katakan, tahapan coklit ini telah berlangsung sejak 12 Februari 2023 yang lalu dan yang  sampai pada 1 Maret 2023 sudah sebanyak 218.160 pemilih terdata oleh Partarlih atau 98,36 persen yang tersebar di 1.067 TPS.

Selain mengapresiasi Pantarlih, dalam kesempatan ini KPU Tapsel juga menyampaikan khusus kepada petugas PPS dan PPK se Tapsel untuk bekerja maksimal demi hasil coklit data pemilih di Tapsel semakin akurat dan akuntabel.

Sementara Komisioner KPU Zulhajji Siregar dan Kemri Syafii menyatakan selama pencoklitan (12 Februari - 14 Maret 2023) para petugas tidak menemukan kendala berarti, serta keduanya berharap Pemilu 2024 kali ini lebih baik dari pemilu-pemilu sebelumnya.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023