Wali Kota Medan, Sumatera Utara, Bobby Nasution meminta seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemkot Medan memasifkan penggunaan kartu kredit pemerintah daerah (KKPD).

"Saya minta kepada seluruh OPD (organisasi perangkat daerah) untuk mengoptimalkan penggunaan KKPD ini. Sebab, kita inginkan adalah akselerasi penyerapan anggaran yang akan membantu pergerakan ekonomi di Kota Medan," ujar Bobby di Medan, Sumut, Rabu.

Ia berharap dengan pemanfaatan KKPD tersebut, penyerapan anggaran daerah bisa menjadi lebih cepat dan akan semakin mendukung efisiensi pembiayaan belanja barang dan jasa di lingkungan Pemkot Medan.

Selain itu, menurut dia, penggunaan KKPD diharapkan juga dapat membantu pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di ibu kota Provinsi Sumatera Utara itu.

Penggunaan kartu kredit daerah ini sesuai dengan Surat Edaran (SE) Kemendagri Nomor 903/5286/SJ yang mengharuskan seluruh pemerintah daerah menggunakan KKPD.

Namun demikian, tercatat, pemanfaatan KKPD perangkat daerah di lingkungan Pemkot Medan pada tahun lalu masih minim, dengan nilai transaksi hanya Rp30 juta.

"Jadi, ini bukan hanya sekadar mengeluarkan anggaran, tetapi manfaatnya ada," terang Bobby.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman mengakui Pemkot Medan masih menerapkan pola lama, sehingga penggunaan KKPD sesuai yang diharapkan oleh Wali Kota Medan belum tercapai secara maksimal.

"Oleh karena itu, seluruh perangkat daerah agar dapat menghilangkan yang namanya ego sektoral," tegas Aulia.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023