Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengajak Serikat Perusahaan Pers (SPS) menghadiri kejuaraan dunia balap perahu cepat atau power boat F1H2O di Balige, Kabupaten Toba, Sumatra Utara.

"Nanti di akhir bulan ini ada F1H20 diikuti 20 negara di sana (Danau Toba). Usahakan hadir," tutur Edy ketika membuka Kongres XXVI SPS dalam rangka perayaan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di Medan, Sumut, Selasa.

Menurutnya kejuaraan dunia balap perahu cepat F1H2O tersebut akan digelar akhir bulan ini atau tepatnya pada 24-26 Februari mendatang.

Gelaran F1 power boat ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mendorong destinasi wisata di Danau Toba yang telah masuk dalam super prioritas.

Sebab melalui kejuaraan dunia balap perahu cepat di Danau Toba, Sumatera Utara, bertujuan lebih mempromosikan pariwisata Indonesia ke dunia internasional.

"Saya bisa ngomong balap ini, enggak ngerti juga saya balap. Bot...bot...300 kilometer/jam berarti sama di Mandalika kemarin, hanya posisi di air. Saya mau jelasin, saya sendiri enggak tahu," ungkap Edy.

Gubernur juga mengucapkan selamat kepada organisasi tempat berkumpulnya penerbit pers dan media cetak yang menggelar Kongres XXVI SPS bertemakan kolaborasi dan inovasi untuk kemandirian pers Indonesia.

"Ini saja yang bisa saya sampaikan, selamat untuk kongres ke-26 dalam rangkaian hari pers nasional," tutur Edy.

Ketua SPS Cabang Sumut, Farianda Putra Sinik mengapresiasi Pemerintah Provinsi Sumatera Utara yang banyak membantu terselenggara HPN 2023.

Kongres XXVI SPS dihadiri pengurus SPS dan 21 SPS cabang dari 30 provinsi se Indonesia dengan agenda pemilihan ketua umum SPS periode 2023-2027.

"Sampai saat ini kami melihatnya cuma ada satu calon. Calon ketua Januar P Ruswita, dan calon sekretaris Asmono," ujar Farianda.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023