Pemkab Tapanuli Selatan (Tapsel) terus gencar membuka berbagai pelatihan untuk meningkatkan keterampilan masyarakatnya. Kali ini pada bidang jahit menjahit dan servis sepeda motor injeksi secara gratis.

"Program ini atas kerjasama dengan Kementerian Tenaga Kerja RI," Bupati Tapsel Dolly P.Pasaribu dalam keterangan, Rabu (18/1).

Keahlian (keterampilan) itu penting. Karena akan menjadi modal utama seseorang bisa membuka usaha secara mandiri juga melamar pekerjaan.

"Bisa saja kelak usaha orang-orang yang dilatih maju dan berkembang. Dan berpotensi membuka peluang kerja bagi yang lain," katanya.

Niat Pemkab Tapsel agar bagaimana warga Tapsel memiliki skill yang berkualitas, profesional, produktif, dan berkompeten serta berdaya saing (memberikan peluang kerja).

"Tidak itu saja Pemkab Tapsel melalui Dinas Ketenagakerjaan untuk TA 2023 ini membuka pelatihan vocasional bahasa Korea dan vocasional bahasa Jepang, Juru Las, dan Tata Boga (membuat kue dan roti) secara gratis," tambahnya.

Sementara Ketua TP PKK Tapsel Ny Rosalina Dolly Pasaribu mengatakan, melalui pelatihan keterampilan tersebut diharap akan banyak warga Tapsel yang memiliki keahlian.

"Dengan modal keahlian-nya masing-masing nantinya akan dapat menopang kebutuhan/perekonomian keluarga atau meningkatkan kesejahteraan warga masing-masing," sebutnya.

Kadis Ketenagakerjaan Tapsel Ahmad Radja Nasution seluruh peserta akan dilatih oleh instruktur yang profesional bersertifikat. Pelatihan-nya di UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Tapsel di Siharang Karang, Padang Sidempuan.

"Akomodasi peserta pelatihan akan di tanggung pemerintah malah diberi uang saku, dan tamat diberi dibekali sertifikat dari UPTD dan BNSP," jelasnya.

Bagi warga Tapsel yang berminat untuk mengikuti pelatihan dapat mendaftarkan diri langsung ke UPTD BLK Siharang Karang atau menghubungi pihak panitia si nomor (0821 7041 7633 atau 0813 7722 1201 serta 0812 9927 3567) sebab kuota dan waktu mendaftar terbatas.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023