Pemeritah Kabupaten Samosir, Sumatera Utara memberikan bantuan berupa mesin pemotong rumput, spring bed dan kulkas kepada pengelola desa wisata, homestay dan UMKM di Kabupaten Samosir.

"Kami berharap dengan pemberian bantuan tersebut maka ke depan pelayanan di homestay-homestay dan desa wisata semakin baik dan meningkat. Semoga bermanfaat untuk membangkitkan kunjungan wisata ke Samosir," kata Bupati Samosir Vandiko Gultom di Pangururan, Sabtu.

Ia mengatakan bantuan ini diberikan mengingat selama libur Natal dan Tahun Baru, kunjungan wisatawan ke Samosir akan ramai.

Untuk itu, para pelaku wisata di Samosir, diharapkan memberikan pelayanan yang terbaik, sehingga para pengunjung merasa nyaman dan kembali lagi berkunjung ke Samosir.

"Kepada para pengelola homestay, kami berharap agar saling mendukung dan bekerjasama dengan baik, serta membangun jaringan yang terkoneksi untuk saling membantu satu sama lain," katanya.

Baca juga: Pemkab Samosir apresiasi Gebyar Long Beach upaya promosi pariwisata

Sementara itu, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Samosir, Tetty Naibaho, mengatakan bantuan tersebut bersumber dari Dana APBD Kabupaten Samosir tahun anggaran 2022, yang diberikan kepada para pengelola homestay, pengelola desa wisata dan UMKM di Samosir.

Adapun rincian bantuan yang diberikan tersebut berupa 39 unit mesin pemotong rumput, 6 unit kulkas (lemari es), dan 30 buah spring bed lengkap dengan bedcover.

"Pemberian bantuan itu dalam rangka peningkatan optimalisasi pelayanan kepada wisatawan sekaligus meningkatkan pertumbuhan ekonomi pemberdayaan masyarakat desa wisata," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022