Pemkab Samosir, Sumatera Utara, mengapresiasi Gebyar Long Beach karena dinilai sangat positif dalam upaya mempromosikan pariwisata pantai di Kabupaten Samosir, khususnya pariwisata Danau Toba.

Bupati Samosir Vandiko Gultom di Pangururan, Sabtu, mengatakan, pihaknya mengapresiasi pengusaha lokal yang menggagas acara tersebut. Gebyar Long Beach menampilkan lomba vocal solo, trio dan atraksi wisata, kuliner, UMKM dan panggung spektakuler dihibur artis lokal dan ibukota.

"Ini tentunya juga sebagai promosi pariwisata di Kabupaten Samosir. Long Beach sepanjang 22 KM akan ditata sebagai daya tarik wisatawan ke Kabupaten Samosir. Kami sangat apresiasi, tidak ada proposal ke pemkab tapi acara dapat berjalan dengan baik," katanya.

Long Beach sepanjang 22 KM, kata dia, memiliki sejumlah keunggulan. Tepat menghadap Gunung Pusuk Buhit yang merupakan titik awal peradaban suku Batak.

Untuk itu, bupati berharap, pembangunan fasilitas dan rumah disepanjang Long Beach ditata dengan baik dan menghadap ke Danau dan Pusuk Buhit.

Baca juga: Pemkab luncurkan Galeri UMKM HKBP Distrik VII Samosir

Penataan Long Beach merupakan pengamanan dan pelestarian sempadan Danau Toba. Long beach akan mengintegrasikan pantai sepanjang 22 KM, sepanjang pantai akan ditata sebagai salah satu daya tarik pariwisata Samosir.

Vandiko mengharapkan acara ini menjadi penyemangat bagi pihak swasta yang lain untuk melakukan hal yang sama. Berbagai kegiatan dapat digelar di pantai tersebut, baik budaya, seni maupun lainnya yang tentunya akan sangat berdampak pada kemajuan pariwisata.

"Siapa saja yang mau melakukan acara disepanjang Long Beach ini, kami dari Pemkab Samosir sangat mendukung," katanya.

Ketua Panitia Gebyar Long Beach, Pernando Sitanggang, mengatakan, kegiatan tersebut sebagai upaya promosi pariwisata di Kabupaten Samosir. Mempertunjukkan fasilitas yang tersedia di Long Beach seperti Banana Boat, speed boat, sepeda motor listrik, Go Car, ATV.

"Fasilitas ini dapat digunakan pengunjung untuk menikmati wahana pantai di Long Beach. Kegiatan ini akan menjadi kalender tetap, event yang berkelanjutan di Long Beach. Long Beach akan menjadi kunjungan wisatawan luar dan dalam negri. Tidak ada kata lain, Samosir harus maju siapapun pemimpinya," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022