Kepolisian Daerah Sumatera Utara mengawal pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) hingga proses pemungutan suara di Kabupaten Karo.

"Sebanyak 1.052 personel diturunkan untuk menjaga jalannya pilkades di Kabupaten Karo dengan sandi Ops Mantap Huta Toba Tahun 2022," kata Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak melalui Kabid Humas Kombes Pol Hadi Wahyudi, Selasa.

Hadi menyebutkan, personel pengaman itu terdiri atas BKO Polda Sumut, Polres Tanah Karo, unsur pelaksana serta staff.

Pelaksanaan pilkades di Kabupaten Karo diikuti 17 kecamatan, 231 desa, 543 TPS dengan daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 206.796 orang.

"Pemungutan suara telah berakhir Senin (19/12) sekira pukul 12.00 WIB di masing-masing TPS. Ini merupakan pilkades serentak gelombang I tahun 2022 di Kabupaten Karo, Rayon I, II dan III," ucapnya.

Hadi mengatakan, situasi kamtibmas selama pelaksanaan pilkades di Kabupaten Karo terpantau berjalan aman dan cukup kondusif.

Namun demikian, untuk mengantisipasi terjadinya gangguan  pada pilkades tersebut, personel tetap disiagakan.

"Kita tetap mengimbau kepada masyarakat untuk selalu menjaga situasi kamtibmas hingga penghitungan suara di pilkades di Kabupaten Karo berakhir," kata Kabid Humas Polda Sumut.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022