Pemkab Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara, terus mengkampanyekan program Gerakan Makan Ikan (Gemarikan), sebagai upaya meningkatkan konsumsi ikan di "Tanah Bertuah Negeri Beradat" tersebut, terutama pada ibu dan anak.

Bupati Sergai Darma Wijaya di Seirampah, Jumat, mengatakan untuk memenuhi kebutuhan ikan, pemerintah daerah terus berupaya meningkatkan produksi perikanan dengan memaksimalkan potensi di sektor perikanan tangkap, perikanan budidaya, dan pengolahan hasil perikanan.

Peningkatan produksi perikanan dari ketiga sektor tersebut, saat ini terus menunjukkan peningkatan yang signifikan dari tahun ke tahun.

Bahkan peningkatan produksi ini khususnya produksi ikan air tawar dan air laut telah memenuhi permintaan pasar terhadap ikan di Sumatera Utara dan luar provinsi yang menjadikan Serdang Bedagai sebagai salah satu lumbung ikan di Sumut.

"Namun seiring dengan peningkatan tersebut, diharapkan agar animo masyarakat dalam mengkonsumsi ikan juga harus meningkat. Hal ini untuk mengurangi bahkan mencegah terjadinya stunting," katanya.

Sementara Ketua PKK Serdang Bedagai, Rosmaida Darma Wijaya, mengatakan, pihaknya mengajak kepada orang tua untuk menumbuhkan budaya makan ikan.

Lewat Program Gemarikan itu diharapkan seluruh anak-anak Serdang bedagai suka makan ikan, baik menu ikan maupun yang sudah dikreasikan menjadi ragam olahan ikan.

"Ayo, makan ikan, agar anak sehat, kuat dan cerdas," katanya.

Sebagai mitra pemerintah daerah, PKK Sergai terus melakukan upaya sosialisasi dan edukasi masyarakat untuk memantau tumbuh kembang anak di 1.000 hari pertama kelahiran.

"Secara medis stunting itu adalah kondisi tubuh dan otak yang dinilai tidak berkembang secara optimal. Oleh karenanya, stunting dapat dicegah sebelum anak memasuki usia 2 tahun," katanya.*

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022