Sumatera Utara meloloskan 12 atlet pelajar dari cabang olahraga pencak silat dan tinju menuju Pekan Olahraga Nasional (Popnas) di Palembang, Sumatera Selatan tahun 2023.

Pimpinan Kontingen Pra Popnas Sumut yang juga Kabid Pembudayaan Olahraga Dispora Sumut, Josua Sinurat di Jakarta, Rabu, mengatakan, berdasarkan regulasi, atlet peraih emas dan perak berhak mendapatkan tiket ke Popnas 2023 di Palembang.

Di Pra Popnas 2022 zona I yang berlangsung 24-30 November 2022 di Jakarta, Sumatera Utara, meraih 8 medali emas dan 4 perak serta 12 perunggu.

"Berdasarkan peraturan, yang dapat tiket menuju Popnas adalah peraih emas dan perak, maka ada 12 atlet kita yang mendapat tiket ke Popnas 2023," katanya.

Adapun ke-12 atlet yang mendapat tiket lolos Popnas 2023 tersebut adalah lima atlet tinju dan tujuh atlet pencak silat.

Untuk atlet tinju peraih emas atas nama Nona Baby Chantika (kelas 57 kg putri), Zahra Khairunnisa Harahap (63 kg putri), Rizki Sandi Wardana (kelas 54 kg putra), Julian Isra Sihotang (71 kg putra ) dan Christian Simanjuntak (kelas 75 kg putra). 

Sedangkan 3 medali emas pencak silat masing-masing dipersembahkan Iqbal Zardarri Sa'i dari nomor seni tunggal putra, Raisyah Sabrina dari kelas D putri dan Ilham Rizki Maulana di kelas I putra.

Sementara atlet peraih perak adalah Alhadi Mukhsin (pencak silat kelas C putra)4, Rizka Alyani (pencak silat kelas E putra), M Candra (pencak silat kelas E putra) dan Suci Ratna Sari Piliang (pencak silat kelas A putri) 

Kepada atlet yang sudah mengantongi tiket ke Popnas, kata Josua, pembinaan yang dilakukan kedepannya akan diintensifkan, sehingga akan benar-benar berkualitas dan mampu menyumbang medali emas.

"Mereka akan diintensifkan latihan untuk tampil di Popnas 2023 di Palembang nanti. Ini bukanlah hal yang mudah, butuh kerja keras. Para atlet juga diharapkan terus meningkatkan kemampuannya masing-masing supaya nanti bisa lebih baik lagi prestasinya," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022