Pj Bupati Tapanuli Tengah Yetty Sembiring, menghadiri acara Melayu Serumpun yang digelar Pemkot Medan di Istana Maimun, Kota Medan, Senin (31/10) yang berlangsung hingga Kamis (03/11).

Usai menghadiri kegiatan, Bupati Tapanuli Tengah, Yetty Sembiring mengatakan, mengingat Tapteng kaya akan budaya dan objek wisata kedepanya Kabupaten Tapanuli Tengah dapat menjadi tuan rumah pergelaran Melayu Serumpun

"Alhamdulilah, usai Menparekraf Sandiaga Uno membuka cara Melayu Serumpun bersama dengan Wali Kota Medan Bobby Nasution, saya berkesempatan meminta langsung kepada Menteri Pariwisata agar di Tapteng yang kaya akan budaya, nantinya bisa dibantu oleh Kementerian membuat event yang mengangkat pariwisata dan budaya Kabupaten Tapanuli Tengah," kata Pj Bupati Yetty, di ruanga kerjanya, Selasa (01/11).

Ia mengatakan, dengan adanya event tersebut, tentu nantinya diharapkan dapat menumbuhkan dan meningkatkan UMKM di Kabupaten Tapanuli Tengah.

"Rencananya malam ini peserta asal Tapteng akan tampil di acara budaya Melayu Serumpun, dengan memperkenalkan budaya pesisir lewat Sikambang, tentu, dengan hadirnya penampilan peserta asal Tapteng kita patut bangga," Ujarnya

Lanjutnya, ke depanya Pemkab Tapanuli Tengang akan memberikan perhatian guna mengembangkan budaya Sikambang di Kabupaten Tapteng, sehingga nantinya tumbuh generasi-generasi muda Tapteng yang mampu meneruskan budaya ini.

"Bersama Dinas Pendidikan dan Pariwisata Tapteng akan berupaya terus melestarikan budaya ini di tingkat sekolah dan juga dikembangkan  dengan sanggar-sanggar seni dan tari di Sibolga dan Tapteng. Tapteng adalah daerah yang berbudaya. Anak Tapteng do au, kami bangga dengan kekayaan budaya asli kami," Ungkapnya

Untuk diketahui, gelaran Melayu Serumpun yang diadakan Pemko Medan, juga diikuti peserta dari luar luar negeri yakni, Malaysia, Thailand, Singapura, Brunei Darussalam, dan peserta dari sejumlah kabupaten kota lainnya di Sumatera Utara. 
 

Pewarta: Tamy

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022