Ternyata ini penyebab terbaliknya Bus Antar Lintas Sumatera (ALS). Bus terjun ke jurang sedalam lebih kurang 4 meter pada Jumat sekira pukul 05.00 WIB di Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel).

Diduga menghindari pengendara sepeda motor, Bus ALS yang dikemudikan Saleh Batubara (50) banting stir ke kiri dan roda bus masuk beram jalan Lintas Sumatera, lalu terbalik dan masuk ke jurang.

Kasat Lantas Polres Tapsel AKP Sofyan H Nasution yang dihubungi ANTARA, Jumat, mengatakan Bus ALS naas yang membawa 23 orang penumpang itu mengalami kecelakaan tunggal tepatnya di Km 37 - 38 Desa Aek Badak, Kecamatan Sayur Matinggi.

Baca juga: Bus ALS angkut 23 penumpang terbalik di Tapsel, satu santri Purba Baru dikabarkan meninggal

"Sewaktu Bus ALS berjalan dari arah Padang Sidempuan menuju arah Mandailing Natal atau tepatnya sekitar 10 meter sebelum TKP, bus menghindari sepeda motor yang berada di depan lalu terbalik dan terguling ke jurang," katanya.

Dari seluruh 23 orang penumpang, sebanyak 11 orang di antaranya mengalami luka, dan satu orang meninggal dunia.

Berikut nama-nama korban atas kecelakaan tunggal yang dialami Bus ALS dengan nomor polisi BK 8621 DP yang dikemudikan Saleh Batubara beralamat di Bandar Selamat Medan itu.

Korban meninggal dunia bernama Mustofa Bahri, beralamat di Kabupaten Langkat.

Kemudian 11 korban mengalami luka ringan di antaranya Sorin Atia Hasibuan, Aluna Sakira, Rapi Damanik, Siti Sifa Khoirun Nisa Lubis, Najwa Naila, Nadin Dea, Ahmad Auli, Lailatul Aulia, Adinda Ayu Nirwana Sinuraya, Reza Varafja, dan Muhammad Ingotin Nasution.

"Satu korban yang meninggal dan 11 orang lain yang luka ini merupakan santri Mustofawiyah Purba Baru dan satu orang tua santri," kata Sofyan.

Pihak Polres Tapsel, kata dia, sudah melakukan olah TKP, lalu mengevakuasi para korban dan membawa ke puskesmas Sayur Matinggi untuk mendapatkan perawatan medis. Saksi-saksi juga sudah dicatat serta mengamankan barang bukti.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022