Sebanyak 181 mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) di tiga  kecamatan di Kabupaten Dairi untuk mengimplementasikan ilmu yang didapat selama ini di bangku kuliah.

Ketua KKNT USU, Ismayadi di Sidikalang, Rabu, mengatakan, dalam kegiatan KKNT nanti, ke-181 mahasiswa tersebut akan didampingi oleh sembilan dosen pembimbing.

"Terima kasih Kepada Pemkab Dairi yang sudah menerima kami dengan luar biasa dan penuh semangat. Semangat ini juga yang akan kami bawa ke tengah-tengah masyarakat karena tantangan terbesarnya adalah karena kami juga akan membawa nama besar USU di tengah masyarakat," katanya.

Ia menyampaikan KKNT itu bersifat reguler dimana selama 2 bulan ke depan mahasiswa akan berada di masyarakat yang nantinya akan melalukan kegiatan sesuai dengan proposal yang sudah disiapkan pada saat survei sebelumnya.

Ke-181 mahasiswa yang berasal dari 3 fakultas yakni Fakultas Hukum, Fakultas Pertanian, dan Fakultas Ilmu Budaya ini akan mengadakan KKNT di Kecamatan Si Empat Nempu Hulu, Kecamatan Si Empat Nempu, dan Kecamatan Si Lima Pungga-pungga.

Sebelumnya Bupati Dairi Eddy Berutu menyampaikan selamat datang di "Bumi Sulang Silima". Bupati menyampaikan rasa syukur program seperti ini sudah bisa dilakukan pasca pandemi COVID-19.

"Yang lebih bersyukur nya Kabupaten Dairi dijadikan lokasi untuk KKNT mahasiswa USU. Maunya sih KKNt ini dilakukan di semua kecamatan," katanya.

Bupati Eddy Berutu berharap mahasiswa bisa berbaur bersama masyarakat didampingi pemerintah kecamatan dan pemerintah desa sehingga melahirkan inspirasi yang bisa dibawa ke kota, dan sebaliknya masyarakat akan mendapat saudara baru, juga informasi yang lebih banyak.

Ia mengatakan di Dairi pertanian merupakan penopang kehidupan keluarga walau banyak warga yang berprofesi sebagai PNS atau pengusaha secara umum mereka juga memiliki lahan pertanian.

"Pertanian adalah penopang ekonomi karena pertanian menyumbangkan nilai ekonomi tertinggi disini. Jadi kehadiran adik-adik saya harap bisa kasih masukan. Semoga kegiatan ini membangkitkan pengabdian pada masyarakat kita ingin membangun dari desa," katanya.

 

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022