Kegiatan festival pebisnis muda pertanian atau Youth Agripreneur Festival 2022 [YAF] yang bertema “Peran pemuda milenial dalam mewujudkan ketahanan dan integritas pangan” digelar Polbangtan Medan untuk menarik perhatian generasi muda di Sumatera Utara agar  berkecimpung di sektor pertanian pada Rabu, 24 Agustus 2022. 

Sejalan dengan arahan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) Kementerian Pertanian (Kementan RI) mengajak generasi milenial untuk terjun ke sektor pertanian dan menjadi petani.

Mentan Syahrul Yasin Limpo meyakini usaha pertanian sangat menjanjikan karena memiliki pasar yang pasti dan menjadi basis ekonomi nasional.

“Pembangunan pertanian ke depan akan mengandalkan petani muda dengan teknologi digital, terutama strategi memperkuat produksi dan distribusi” kata Mentan SYL.

Demikian halnya Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian (Kementan), Dedi Nursyamsi menargetkan adanya penambahan satu juta petani muda untuk memakmurkan Indonesia ke depan.

Target ini, kata dia, merupakan target utama yang sejalan dengan road map program pembangunan sumber daya manusia di sektor pertanian (SDM).

 "Kami di Kementan berharap setiap tahunnya ada 1 juta generasi muda yang bergerak di sektor pertanian. Jika ini terlaksana, maka kami yakin, Indonesia ke depan akan makmur," ujar Dedi.

Saat membuka kegiatan Youth Agripreneur Festival 2022 , Direktur Polbangtan Medan Yuliana Kansrini mengatakan bahwa Polbangtan Medan sengaja mengundang motivator milenial karena yang hadir semuanya adalah milenial .

"Walaupun peserta dan tamu undangan ada yang berusia diatas 50 tahun, namun masih dikatakan milenial. Karena prinsip milenial adalah ketika seseorang masih mau belajar, mereka tetap disebut milenial.” Kata Yuliana.

“Ajang YAF diharapkan dapat mendorong para Agrosiopreneur muda di sektor pertanian untuk terus berkarya melalui inovasi sehingga mengundang generasi muda lainnya berkecimpung di sektor pertanian. Jika para alumni Polbangtan Medan ada yang punya passion sebagai entrepreneur, Kementerian Pertanian akan memberikan dukungan berupa bantuan modal usaha  dengan mengakses KUR atau Kredit Usaha Rakyat" kata Direktur Polbangtan Medan.

Yuliana mengatakan peserta didik dan lulusan Polbangtan sudah terbukti menjadi agrosociopreneur. Diharapkan semakin banyak generasi muda yang siap bekerja di sektor pertanian, dan kemudian siap menjadi penggerak ekonomi daerah.

"Generasi muda milenial lebih dekat dengan teknologi, maka sektor pertanian akan dapat digerakkan lebih cepat. Beberapa karya inovatif produk-produk unggulan dari mahasiswa akan didorong agar dapat memenuhi pangsa pasar," katanya.

Direktur Polbangtan Medan, Yuliana Kansrini mengatakan bahwa YAF 2022 menjadi wadah mempertemukan para entrepreneur di bidang pertanian dengan segala pihak pemangku kepentingan. Termasuk memperkenalkan produk unggulan entrepreneur tersebut. Stand pameran produk PWMP yang hadir adalah  PWMP wilayah koordinasi Polbangtan Medan.

Diungkapkan Yuliana, acara yang mereka gelar ini juga merupakan salah satu upaya memperkuat perekonomian Indonesia. Sebab, saat ini tidak hanya Indonesia, bahkan beberapa negara di dunia juga merasakan dampak krisis ekonomi dan pangan global.

“PWMP merupakan salah satu kegiatan Kementerian Pertanian dalam rangka mewujudkan regenerasi petani. Program ini dirancang untuk penyadaran, penumbuhan, pengembangan dan pemandirian minat, ketrampilan, dan jiwa kewirausahawan generasi muda dibidang pertanian. Program PWMP yang diluncurkan pada tahun 2016 merupakan tahun pioneer dari kegiatan pemerintah melalui Kementerian Pertanian, sehingga peserta PWMP di tahun 2016 menjadi leader program regenerasi pertanian” jelasnya.

Pada YAF 2022,  hadir bintang tamu Sherly Annavita Rahmi seorang motivator muda milenial, Rayndra Syahdan Mahmudin seorang petani milenial sukses dan hiburan stand up comedy dari Wanda Wandow  diharapkan mampu menambah semangat dan memotivasi agrosiopreneur muda dalam mengembangkan usahanya. Selain itu ada juga penampilan parode marching band Polbangtan Medan dan  tarian dari UKM Rampak Agricia Polbangtan Medan. Kemudian cipta karya seni kreatifitas mahasiswa dimana mereka berkompetisi menunjukkan bakat dan kebolehannya pada perlombaan Vlog Competition, lomba tiktok spontan, lomba stand terbaik, lomba pangan lokal dan hiburan menarik  lainnya.

YAF 2022 juga mengundang Dinas Perindustrian dan Perdagangan Prov. Sumut, Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Utara, BPTP, BP2TP, Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara, Badan Karantina Pertanian Medan, Dinas Pertanian Kab. Deli Serdang, Dinas Pertanian dan Peternakan Kab. Langkat, Pengurus perwakilan Dw Polbangtan Medan , Polbangtan Medan (Panitia, Dosen, Pengelola, Mahasiswa), Universitas Sumatera Utara, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Universitas Negeri Medan dan Universitas Medan Area untuk hadir meramaikan Youth Agripreneur Festival 2022 ini.

Pewarta: Rel

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022