Pemerintah Kota Medan, Sumatera Utara, menyebut RSUD H Bachtiar Djafar dijadwalkan resmi beroperasi pada November 2022 dan diharapkan kehadirannya dapat meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat.

"Rumah sakit Bachtiar Djafar ini direncanakan akan diresmikan pengoperasian oleh Bapak Wali Kota Medan Bobby Nasution," kata Dirut RSUD H Bachtiar Djafar, Irliyan Saputra di Medan, Jumat.

Saat ini, ia menjelaskan, berbagai persiapan telah dilakukan pihak rumah sakit Tipe C milik Pemerintah Kota Medan mulai dibangun sejak 2018 di kawasan Medan bagian Utara ini.

Baca juga: Wali Kota Medan pastikan korban kebakaran di Belawan terima bantuan

RSUD H Bachtiar Djafar terletak di Jalan Kolonel Yos Sudarso, Kilometer 19 ini total memiliki tujuh lantai dengan 44 kamar dan 108 tempat tidur terdiri atas kamar VIP, kelas I, kelas II, kelas III serta kamar isolasi.

"Fasilitas dan pelayanan kesehatan di rumah sakit ini cukup lengkap, di antaranya IGD, laboratorium, radiologi, apoteker, rawat jalan (poliklinik), rawat inap, ICU, NICU dan PICU, kamar bedah dan ruang bersalin," terangnya.

Selain itu, tutur dia, jumlah tenaga kesehatan di rumah sakit ini juga cukup mumpuni, khususnya dokter-dokter profesional di bidangnya sehingga siap melayani masyarakat yang membutuhkan pelayanan medis.

Pihaknya juga telah mengirimkan tenaga kesehatan ke RSUD dr Pirngadi dan RS Universitas Sumatera Utara (USU) untuk transfer pengetahuan dalam meningkatkan kemampuan tenaga medis.

Untuk diketahui, RSUD H Bachtiar Djafar dilengkapi dengan dua lift dan memiliki luas bangunan 13.539 meter per segi akan melayani masyarakat, khususnya di Medan bagian utara.

"Kalau persiapan lain yang kita lakukan lewat simulasi-simulasi berhubungan pelayanan kesehatan, seperti simulasi IGD, ICU, ruang rawat inap dan poliklinik," ucap Irliyan.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022