Bupati Asahan, H Surya mengimbau gunakan daun sebagai pembungkus daging kurban yang akan dibagi-bagikan kepada masyarakat pada saat Idul Adha.

"Mari kita gunakan daun pisang atau daun jati. Hindari penggunaan plastik," ajak Bupati saat memantau pelaksanaan pemotongan hewan kurban, Minggu (10/07) di alun-alun kota Kisaran, Kabupaten Asahan.

Bupati didampingi Wakil Bupati Asahan, Taufik ZA mengatakan selama ini pihaknya sering menggunakan kantong plastik sebagai pembungkus daging kurban. Padahal sampah plastik merusak lingkungan.

 "Kita imbau tahun depan seluruh OPD gunakan daun," ujarnya sembari memberikan apresiasi kepada dinas lingkungan hidup Pemkab Asahan yang dikomandoi oleh Rahmat Hidayat Siregar yang menggunakan daun pisang membungkus daging kurban.

Hidayat mengatakan himbauan penggunaan daun ini sesuai dengan surat edaran Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah Limbah dan Bahan Berbahaya dan Beracun nomor 403/PSLB3/PUS/PLB.2/6/2022 tentang pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1443 H.

Pemkab Asahan di Idul Adha saat ini melakukan kurban sebanyak 101 sapi dan 25 kambing. Dan membagikan daging kurban kepada 8 ribu lebih kepada masyarakat.

Pewarta: Indra Sikumbang

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022