Universitas Sumatera Utara (USU) terus melakukan serangkaian kegiatan untuk mendukung program prioritas yakni internasionalisasi dan mengikuti 12 th Joint Working Group (JWG) 2022 di Prancis.

Rektor USU Dr Muryanto Amin,S.Sos,M.Si dalam keterangan tertulis, Rabu (6/7)  mengatakan, agar JWG ini dapat dimanfaatkan secara efektif dan efisien untuk mendukung visi USU pada Rentra Tahap II menjadi universitas berstandar Internasional.

USU juga akan berkolaborasi dengan salah satu universitas di Prancis yakni Universite Polytechnique Huss-de-France.
Kolaborasi ini diharapkan melibatkan beberapa universitas di Indonesia.

"Selain program khusus ini, program spesifik lainnya yang akan dilakukan antara USU dengan beberapa universitas di Prancis adalah Summer Course, International Internship, Joint Publication dan Joint Suvervision," katanya.

Muryanto menyebutkan, JWG Indonesia- Prancis adalah forum kolaborasi bilateral antara Indonesia dan Prancis, serta melibatkan juga institusi riset, pelaku usaha dan kementerian terkait dari masing-masing negara.

Kegiatan ini diselenggarakan sekali dalam 2 tahun dengan membahas isu pendidikan tinggi, riset, inovasi dan kewirausahaan.

Hadir sekitar 300 orang delegasi yang terdiri dari perwakilan perguruan tinggi dari lembaga riset di Indonesia dan Prancis.

Kegiatan turut menghasilkan beberapa rekomendasi yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh peserta untuk meningkatkan reputasi dan internasionalisasi.

"Beberapa rekomendasi yang muncul pada pertemuan itu adalah Promosikan investasi swasta di bidang Riset dan Pengembangan, Tingkatkan dampak ekonomi dan Riset, Promosikan kemitraan riset yang kuat antara swasta dan pemerintah, dan Promosikan kreasi dan pengembangan perusahaan berbasis inovasi," kata Rektor USU.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022