Ratusan dosis vaksin asal Prancis disuntikkan ke sapi yang belum terjangkit wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) di Kabupaten Deliserdang.

"Sebanyak 400 dosis vaksin jenis Aftopor dan Merial disuntikkan sapi perah di Kabupaten Deliserdang," ujar Kepala Seksi Obat Dinas Ketapang dan Peternakan Sumut Hendra Sutrisno.

Hal itu disampaikan Hendra Sutrisno selesai penyuntikan vaksin sapi perah di Dusun I, Desa Jati Kesuma, Kecamatan Namorambe, Kabupaten Deliserdang, Senin (27/6).

Baca juga: Sumut mulai beri vaksinasi PMK pada ternak

Ia menyebutkan, penyuntikan vaksin guna mencegah penularan wabah PMK ke sapi perah.

"Stok vaksin terbatas. Oleh karena itu, Kabupaten Deliserdang menerima 400 dosis," sebutnya.

Ditanya apakah sapi untuk kurban disuntik vaksin, Hendra menjawab tidak perlu dilakukan karena kondisi kesehatannya sehat.

"Sapi yang dinyatakan untuk hewan kurban tentu sudah dalam keadaan sehat. Oleh karenanya tidak disarankan disuntik vaksin," jawabnya.

Sementara Pelaksana harian Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Deliserdang Amri Ady mengatakan tahap awal penyuntikan vaksin sapi perah di tiga kecamatan.

"Hari ini 71 ekor sapi di Kecamatan Namorambe dan Sibolangit disuntik vaksin. Besok dilanjutkan Kecamatan Pancurbatu," pungkasnya. 

Pewarta: Rahmat Hidayat

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022