Syahrul M.Pasaribu, Ketua Dewan Pertimbangan MUI Tapsel menghadiri acara wisuda sebanyak 60 orang siswa/siswi MAN IC Tapanuli Selatan (Tapsel).

Dalam sambutannya mantan Bupati Tapsel dua periode itu menyampaikan lahirnya sekolah Madrasyah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Tapsel itu.

"Semula MAN IC Tapsel pada tahun 2014 dirancang di areal perkantoran Pemkab Tapsel dengan menghibahkan tanah seluas lebih kurang dua hektare," ungkap Syahrul dalam keterangan terima, Jumat (24/6).

Setelah berbagai pertimbangan, kemudian meminta H.Yuriandi Siregar (Putra Alm. Gubernur Sumut Raja Inal Siregar) menghibahkan tanah seluas 10 Ha di Simago-simago, Sipirok.

"Karena dianggap lebih ideal untuk jenis sekolah pola Boarding School serta lebih dekat dengan Kota Sipirok, akhirnya MAN IC di Simago-mago," kata Syahrul yang juga Ketua Penasehat KAHMI Tapsel.

Dengan Kementerian Agama RI, Syahrul saat Bupati di 2015 menandatangani di mulai pembangunan MAN IC Tapsel. Sumber anggarannya APBN. Singkatnya, 17 Juli 2017 MAN IC beroperasi/diresmikan oleh Syahrul.

Kepada seluruh siswa yang diwisuda, Syahrul yang juga Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Golkar Sumut itu mengucapkan selamat, seraya berharap teruslah belajar, lanjutkan cita-cita masuk perguruan tinggi.

"Kalian semua anak-anakku adalah kader bangsa dan kader umat serta calon pemimpin di masa depan," ucapnya.

Sementara Kepala Sekolah MAN IC Tapsel Abdul Hakim Siregar, S.Pdi, M.Si melaporkan jumlah  siswa yang di wisuda  60 orang terdiri atas 28 orang siswa dan 32 orang siswi.

Kepala Kantor Kemenag Tapsel Ihwan Nasution yang turut hadir dan memberikan sambutan mengatakan MAN IC adalah di bawah binaan Kementerian Agama RI dan hanya satu setiap provinsi. Saat ini ada 23 kampus dari 34 provinsi di Indonesia.                                   

Sedangkan Wakil Ketua Komisi C (Bidang Pendidikan) DPRD Tapsel Mhd. Rawi Ritonga dalam sambutannya mengatakan akan bekerja sama dengan Pemkab Tapsel untuk lebih meningkatkan kualitas MAN IC Tapsel.

"Terima kasih juga kepada Pak Syahrul yang telah banyak menorehkan karya monumental selama Bupati Tapsel. Turut hadir di acara itu ratusan orangtua siswa dan  undangan lain nya," tutup Rawi.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022