PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Utara terus berupaya menambah Stasiun Pengisian Kenderaan Listrik Umum (SPKLU) dalam mendukung ekosistem kendaraan listrik di wilayah Sumut.

"PLN UIW  Sumut kembali mengoperasikan empat SPKLU  yang terletak di City View Medan, Tebing Tinggi, Parapat dan Berastagi, " kata General Manajer PLN UIW Sumut Pandapotan Manurung, dalam keterangan tertulis, Sabtu [18/6].

Pandapotan menyebutkan, dengan beroperasinya SPKLU ini, maka total SPKLU yang beroperasi di Sumut menjadi 5 SPKLU.
Peresmian SPKLU di Parapat dihadiri langsung oleh Bupati Simalungun  Radiapoh Hasiolan Sinaga dan Manajer UP3 Pematang Siantar Petrus Gading Aji Nugraha Putra.

Di tempat berbeda peresmian SPKLU juga dilakukan secara hybrid yang diikuti Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang, Manajer UP3 Bukit Barisan Grahita Gumelar dan Manajer UP3 Medan Hariadi Fitrianto.

Ia mengatakan, sesuai Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 Tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vihicle) untuk Transportasi Jalan.

PLN ditugaskan untuk mempersiapkan sarana dan prasarana pendukung penggunaan kendaraan listrik.

''PLN mendapatkan amanah untuk membangun ekosistem kendaraan listrik, sehingga masyarakat di Kota Medan yang ingin memiliki dan menggunakan kendaraan listrik untuk mengunjungi objek wisata seperti Parapat dan Berastagi tidak perlu khawatir mencari dimana untuk melakukan pengisian baterai kendaraannya,,ucapnya.

General Manajer menjelaskan, pemerintah daerah Kabupaten Karo dan Kabupaten Simalungun mengapresiasi langkah cepat PLN dalam mendukung program pemerintah dalam percepatan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai di Sumatera Utara, dan semakin banyak pengguna kendaraan listrik dapat diwujudkan zero carbon di tahun 2060 mendatang.

''PLN Sumut terus mendukung program pemerintah dalam percepatan penggunaan motor listrik di Sumut dan pada semester 2 tahun 2022, PLN akan mengoperasikan 9 SPKLU yang tersebar di beberapa titik di Sumut,'' katanya.
 

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022