Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) akan memberikan Beasiswa bagi siswa yang berhasil masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di seluruh wilayah Indonesia TA 2021.

"Syarat pertama orangtua siswa berdomisili di wilayah Tapsel," kata Kadis Pendidikan Tapsel Arman Pasaribu dikonfirmasi ANTARA, di Sipirok, Selasa (24/5).

Syarat berikutnya siswa lulusan SMA/SMK sederajat Negeri di Tapsel TA 2021. Diterima di PTN jenjang Diploma 3, dan Strata 1(S1).

"Seterusnya lengkapi berkas surat permohonan, surat aktif kuliah dari PTN, kartu hasil studi terakhir, KTA, KTP orangtua, KK, rekening Bank Sumut, surat pernyataan," katanya

 

Baca juga: Polres dan Pemkab Tapsel survei langsung kesehatan hewan ternak

Kemudian seluruh lampiran berkas di antar ke Kantor Dinas Pendidikan Tapsel c/q Kasi Kurikulum  Bidang Pembinaan SMP di Jalan Prof Lafran Pane, Sipirok atau komplek Kantor Bupati Tapsel.

"Waktunya terakhir 31 Mei 2022 sejak dibuka pada 18 April 2022 lalu. Memang sudah ada 23 orang yang mendaftarkan diri dan sesuai persyaratan. Dan memungkinkan diperpanjang kalau masih ada," ujarnya.

Adapun besaran bantuan beasiswa bersumber APBD TA 2022 ini, luar Provinsi Rp10 juta, dalam Provinsi Sumatera Utara Rp6 juta, dan wilayah Tapanuli Bagian Selatan mendapat Rp4 juta dalam setahun.

Menurut Arman bahwa program beasiswa ini bentuk tingginya perhatian Pemkab Tapsel akan kualitas pendidikan dalam rangka menciptakan sumber daya manusia (SDM) daerah yang mumpuni.

"Di samping mewujudkan masyarakat Tapsel yang cerdas selain sehat dan sejahtera sesuai visi misi Bupati/Wakil Bupati Tapsel," terangnya.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022