Wali Kota Tebing Tinggi H.Umar Zunaidi Hasibuan bertindak sebagai pembina apel siaga Sensus Penduduk 2020 lanjutan di halaman Kantor BPS Tebing Tinggi di Jalan Gunung Lauser Selasa (17/5).

Wali Kota Tebing Tinggi H. Umar Zunaidi Hasibuan, dalam sambutannya sebagai pembina apel mengatakan SP2020 Lanjutan ini sangat penting dan urgen untuk segera dilaksanakan, karena banyak sekali tuntutan, baik dari pihak internal BPS maupun pihak eksternal.

Disampaikan , BPS membutuhkan data rinci kependudukan sebagai dasar hitung proyeksi penduduk yang lebih baik sebagai data penimbang yang akan digunakan sebagai dasar penghitungan estimasi berbagai survey yang dilaksanakan BPS ke depan seperti Susenas, Sakernas dan survey lain.

Sementara bagi pihak eksternal, ketersediaan data kependudukan yang lebih rinci sangat penting bagi penyusunan perencanaan dan evaluasi pembangunan khususnya pembangunan yang berdimensi kependudukan.

Selain itu, data kependudukan yang rinci juga diperlukan para peneliti sebagai bahan kajian untuk melakukan berbagai koreksi dan evaluasi terhadap berbagai kebijakan publik dan penelitian terhadap karakteristik indikator kependudukan sepuluh tahun terakhir,ujar Wali Kota.

 Apel Siaga, Wali Kota menyebut bahwa momentum ini sebagai penyemangat dan secara simbolis sebagai tanda kesiapan untuk menyongsong dimulainya pelaksanaan SP2020 Lanjutan. 

"Selain itu Apel Siaga ini juga menandakan dukungan dari seluruh BPS, baik Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota serta Pemerintah Daerah bahwa kami semua mendukung dan selalu mendampingi para petugas mitra statistik yang bertugas di lapangan,

Jadikan momen ini sebagai bagian kebersamaan dan kekompakan kita demi suksesnya pelaksanaan SP2020 Lanjutan, ucap nya.

Kegiatan SP 2020 Lanjutan ini dibagi ke dalam 2 (dua) tahap, yaitu pemutakhiran dan pencacahan sampel. Pemutakhiran data dilaksanakan pada periode 15-31 Mei 2022 sedangkan Pencacahan sampel dilaksanakan pada 1-30 Juni 2022.

Untuk Sensus Penduduk 2020 Lanjutan di Kota Tebing Tinggi, melibatkan  sebanyak 82 petugas yang merupakan masyarakat umum yang sudah dilatih.

Turut hadir Kepala BPS Kota Tebing Tinggi Intan Menggalawati Harahap, Kadis Kominfo Dedi Parulian Siagian, Camat Rambutan Marwansyah Harahap, Camat Bajenis Dira Astama Trisna, dan Camat Tebing Tinggi Kota Manda Yulian 
 

Pewarta: Dhani Elison

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022