Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, kembali menerima hibah satu unit excavator dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya. Hibah  tersebut untuk pengembangan perikanan rakyat Tahun 2022.

Sebelumnya pada tahun 2021, Tapanuli Selatan mendapat hibah satu unit excavator mini SH 75 Sumitomo, sementara kali ini tahun 2022 ini kembali mendapatkan unit excavator standart, SH 130 Sumitomo.

Kedua excavator tersebut diperuntukkan untuk mencetak/rehab, pembuatan saluran irigasi kolam dan pembuatan jalan produksi kolam.

Excavator Tahap II ini diserahkan  kepada Koperasi Produsen Perikanan Air Tawar Angkola Utama (PATAMA) Kabupaten Tapanuli Selatan yang ketuanya adalah Kaddis Santoso MD.

Kaddis Santoso MD mengungkapkan rasa terimakasih kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (KKP RI) melalui Direktorat Jenderal  Perikanan Budidaya atas turunnya alat excavator tersebut.

Tapanuli Selatan dengan potensi sumber daya air nya memiliki potensi sangat tinggi, sungguh disektor perikanan darat ini bisa menjadi penting kedepan dengan catatan ditata secara baik, 

Sejak awal paska dilantik Wakil Bupati Tapanuli Selatan Rasyid Assaf Dongoran menyebutkan potensi pertanian dan perikanan adalah hajat hidup terbanyak di Tapanuli Selatan atau disebut profesi petani.

Wabup terus menerus melakukan komunikasi intensif kepada Kementerian Pertanian dan Kementerian Perikanan, dan Alhamdulillah dua tahun berturut turut mendapat bantuan langsung kepada rakyat yakni excavator yang digunakan bagi percepatan cetak kolam rakyat dengan harga sewa terjangkau 

Ia mengaku senang jika semua exacavator berjalan dengan lancar dan sesuai peruntukannnya yakni meringakan beban rakyat untuk mencetak kolam baru, merehab kolam lama, membuka jalan usaha perikanan, memperbaiki irigasi perikanan.

Kepada penerima (Koperasi) diminta harus konsisten. Jangan main main dengan aturan dan ia akan terus mengawasi secara langsung ataupun diam diam.

"Sekali lagi selamat buat Koperasi PATAMA Tapsel , bekerjalah dengan hati nurani dan lurus , urus itu potensi menjadi kenyataan, sehingga Perikanan di Aek Bilah- SDH- Arse - Sipirok menjadi Unggul , unggul artinya Jumlah Produksi Ikan Banyak dan Kualitas Ikan Bagus," katanya ketika dihubungi via telepon.

"Saya juga sedang terus menjalin komunikasi dengan Kementerian Pertanian dan Kementrian Koperasi, doakan agar saya sehar dan kuat untuk bekerja , sehingga kedepan kita bisa dapatkan program pemerintah pusat yang langsung ke rakyat," tambahnya.

Wabup mengucap Terimakasih kepada Menteri dan Dirjen serta seluruh Jajaran KKP RI. Dirinya berjanji untuk mengawasi kinerja bantuan yang sudah 2 tahun berturut, agar kinerja Excavator ini bisa dibanggakan dan tepat guna dan sasaran.

"Dua tangan disatukan di dada saya. Saya haturkan terimakasih banyak," katanya.


 

Pewarta: Rel

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022