Pemkab Serdang Bedagai, Sumatera Utara, mengapresiasi Palang Merah Indonesia (PMI) yang mendirikan Posko Siaga Lebaran 2022 di area Masjid Agung Serdang Bedagai di Seirampah.

Wakil Bupati Serdang Bedagai Adlin Umar Yusri Tambunan di Seirampah, Kamis, mengatakan keberadaan Posko Siaga Lebaran ini sangat membantu masyarakat yang pada tahun ini melaksanakan tradisi mudik dalam suasana Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah/Lebaran 2022.

"Saya sangat berterima kasih kepada PMI yang dengan inisiatifnya mendirikan Posko Siaga itu. Mudah-mudahan posko ini menambah rasa aman dan nyaman para warga yang melewati Serdang Bedagai dalam perjalanan mudiknya," katanya.

Ia mengimbau masyarakat yang melaksanakan mudik jika memerlukan bantuan terutama aspek medis agar memanfaatkan layanan Posko Siaga Lebaran PMI ini.

Keberadaan Posko Siaga Lebaran PMI itu, kata dia, juga merupakan perwujudan 7 prinsip dasar Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional yang mencakup Kemanusiaan, Kesamaan, Kenetralan, Kemandirian, Kesukarelaan, Kesatuan dan Kesemestaan.

"Semoga kegiatan ini bisa menjadi salah satu ujung tombak pelayanan terhadap masyarakat demi berjalannya kegiatan mudik yang lancar dan aman sampai ke kampung halaman," katanya.

Baca juga: Pemkab Serdang Bedagai-Jepang jajaki kerja sama

Sementara Ketua PMI SUmut Dr. Rahmat Shah mengatakan, apa yang mereka lakukan dengan membuka posko siaga lebaran tersebut adalah upaya nyata PMI untuk hadir di tengah masyarakat dalam aspek penanggulangan bencana, kecelakaan dan sebagainya.

Ia menuturkan, selain di Serdang Bedagaii, Posko Siaga Lebaran PMI juga beroperasi di wilayah Kabupaten Deli Serdang dan Kota Tebing Tinggi.

Rahmat menekankan betul pentingnya komunikasi dan koordinasi dalam kerja pelayanan terhadap masyarakat di posko ini.

“Saya berharap agar rekan-rekan Relawan PMI yang bertugas dapat menjalin komunikasi yang baik dengan pihak Rumah Sakit, Ambulans, dan lokasi penanganan medis lainnya. Intinya kita harus gerak cepat ketika masyarakat membutuhkan,” mintanya.

Terakhir, dirinya mengingatkan para Relawan PMI dapat menjalankan tugasnya dengan ikhlas, prima dan penuh tanggung jawab.

“Selain itu jaga kekompakan dan kerja sama antara sesama relawan dan yang tak kalah penting, jangan lupa bekerja sesuai prosedur supaya kita sama-sama aman dan selamat dalam menunaikan tugas," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022