Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Sumatera Utara, yaitu Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, Pangdam I BB Mayjen TNI Ahmad Daniel Chardin dan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi meninjau Stasiun Kereta Api Tebing Tinggi.

Peninjauan yang dilakukan, Senin, tersebut guna memastikan kesiapan PT KAI Stasiun Tebing Tinggi menghadapi arus mudik Idul Fitri 1443 Hijriah.

Rombongan juga meninjau kesiapan pos pengamanan bagi penumpang arus mudik di stasiun Kereta Api Tebing Tinggi yang disiapkan oleh Polres Tebing Tinggi.

Pada kesempatan tersebut Gubernur Sumut Eddy Rahmayadi menanyakan sudah sejauh mana kesiapan PT.KAI dalam menghadapi arus mudik dan persyaratan yang harus dipenuhi penumpang yang menggunakan transportasi kereta api.

Baca juga: Kapolda Sumut bersama Forkopimda Tapsel kompak serahkan bingkisan

Kepala Stasiun Kereta Api Tebing Tinggi, Suhendra Ginting, mengatakan pihaknya sudah menerapkan sesuai dengan Protokol kesehatan dari gugus tugas penanganan COVID-19 sejak 5 April 2022.

Persyaratan perjalanan menggunakan transportasi kereta api ada dua kriteria. Jarak jauh di wajibkan sudah melakukan vaksin lengkap (Vaksin Booster).

Jika vaksin ke tiga belum, agar dilakukan tes usap antigen yang telah disediakan oleh pihak PT. KAI bekerja sama dengan RS Segar Waras dengan jam operasional mulai pukul 08.00 - 17.00 WIB

Untuk jarak dekat, minimal vaksinasi 1 melalui sistem boarding yaitu pengecekan identitas penumpang melalui NIK (nomor induk kependudukan) untuk mengetahui vaksinasi ke berapa, namun tetap melakukan cek fisik dan meminta penumpang untuk mengunggah  aplikasi Peduli Lindungi.

Sementara Kapolres Tebing Tinggi AKBP M.Kunto Wibisono menyampaikan pihaknya sudah membentuk dan mendirikan Pos Pelayanan di Stasiun kereta api dan pos pelayanan tempat wisata di pemandian alam Kecamatan Sipispis.

Pos pengamanan juga didirikan di sejumlah lokasi guna memonitor kondisi lalu lintas menjelang Idul Fitri 1443 Hijriah di wilayah hukum Polres Tebing tinggi.

Pewarta: Juraidi dan Dhani

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022