Puncak arus mudik lebaran 1443 Hijiriah di Bandara  Internasional Kualanamu, Kabupaten Deliserdang, diprediksi tanggal 30 April 2020 atau H-2.

Pada hari Sabtu 23 April 2020, yang merupakan hari kedua periode angkutan lebaran 2022 di Bandara Internasional Kualanamu atau sekitar H-10 Lebaran, diperkirakan jumlah pergerakan penumpang pesawat mencapai 13.629 penumpang.

"Jumlah penumpang akan terus meningkat hingga diperkirakan pada puncak arus mudik tanggal 30 April 2022 atau sekitar H-2 dapat mencapai 20.000 orang," ujar Plt Executive General Manager PT Angkasa Pura II Bandara Internasional Kualanamu Eri Braliantoro dalam keterangan tertulisnya diterima ANTARA, Minggu (24/4).

Eri menerangkan, Bandara Internasional Kualanamu mulai fokus mengantisipasi pergerakan yang ada dan melaporkan secara real-time, untuk dilakukan analisa sebagai dasar pengambilan keputusan operasional di lapangan.

Hal itu guna memastikan dapat tetap menerapkan prinsip safety, security service dan compliance terhadap berbagai regulasi termasuk protokol kesehatan COVID-19.

"Sebagai upaya meningkatkan kewaspadaan mulai tanggal 22 April 2022, bandara yang dikelola PT Angkasa Pura II seperti Bandara Internasional Kualanamu secara resmi membuka posko angkutan udara pada masa lebaran 1443 H," terangnya.

Posko angkutan lebaran 2022 di Bandara Internasional Kualanamu diperkuat personel antara lain PT Angkasa Pura II selaku operator bandara, Satgas Penanganan COVID-19, Otoritas Bandara, maskapai, TNI, Polri, Pemda, Karantina, Bea dan Cukai, serta Imigrasi.

"Melalui posko ini seluruh stakeholder akan lebih mudah berkoordinasi dalam  mengantisipasi adanya peningkatan jumlah penumpang pesawat saat angkutan lebaran. Standar pelayanan di Bandara Kualanamu harus terjaga seperti protokol kesehatan wajib dijalani, dan seluruh fasilitas dipastikan dalam kondisi baik," katanya.

Bandara Internasional Kualanamu sendiri telah menerima permohonan penerbangan tambahan (extra flight) dari sejumlah maskapai.

Sampai saat ini, jumlah extra flight yang diajukan maskapai ke AP II telah mencapai 12 extra flight untuk periode 16 April-9 Mei 2022.

“Terkait extra flight di periode angkutan lebaran 2022 tentunya menjadi perhatian dan akan melakukan penyesuaian operasional serta memastikan keandalan fasilitas guna mengakomodir extra flight yang disetujui. Adanya extra flight juga sebagai salah satu indikator pemulihan sektor penerbangan nasional," pungkasnya.
 

Pewarta: Rahmat Hidayat

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022