PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Utara menyerahkan dua unit Motor Listrik Sampah (MONALISA) kepada Pemerintah Kota Medan dan satu unit untuk Universitas Islam Negeri Sumut (UINSU).

"MONALISA ini tergolong kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) yang nantinya diharapkan dapat dimanfaatkan untuk mengangkut sampah di Kota Medan," kata Direktur Bisnis Regional Sumatera dan Kalimantan PLN, Adi Lumakso, Sabtu.

Adi menyebutkan, MONALISA ini baru ada tiga unit di Kota Medan. Kendaraan listrik beroda tiga ini juga memiliki banyak manfaat dengan kapasitas bagasi yang jauh lebih besar daripada kendaraan sejenis.

Kendaraan berbasis listrik ini juga akan menghemat biaya operasional dalam pengangkutan sampah dan tentunya lebih ramah lingkungan karena tidak menghasilkan asap.

"PLN terus mendorong program pemerintah dalam penggunaan kendaraan berbasis baterai sesuai Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB)," ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, kepada Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN UIW Sumut juga memberikan santunan kaum dhuafa berupa 1.800 paket sembako senilai Rp900 juta sebagai rasa syukur dan indahnya berbagi di bulan Ramadhan 1443 Hijriah yang dilaksanakan di seluruh unit kerja.

"Semoga santunan yang diberikan ini dapat meringankan beban dalam menjalankan ibadah puasa dan dapat bermanfaat bagi mereka," kata Adi.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022