Toba Pulp Lestari (TPL) menyerahkan bantuan benih dan pupuk padi kepada petani di tiga desa dari dua kabupaten wilayah operasional, Senin (4/4). 

Dalam rilis disebutkan, bantuan kepada kelompok tani padi (poktan) sawah Sistem Jajar Legowo itu dirangkai dengan kegiatan penanaman padi. 

Ketiga poktan itu, Binaan Desa Lumban Huala dan Tani Maju Tangga Batu II, Kecamatan Parmaksian, Kabupaten Toba serta Semangat Tani - Gunung Besar Desa Bandar Manik, Kecamatan Pematang Sidamanik, Kabupaten Simalungun. 

Community Development (CD) Officer Alexander Sitorus dan Santo Marbun mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk komitmen perusahaan untuk mengembangkan perekonomian masyarakat desa, khususnya petani padi. 

Pihaknya juga berupaya mengubah pola sistem tanam padi tradisional serta meningkatkan produktifitas hasil padi dengan Sistem Tanam Jajar Legowo. 

TPL katanya, memilih sistem tanam Jajar Legowo, karena terbukti dapat meningkatkan produktifitas petani padi melalui studi banding dan studi literatur.

Sistem ini juga sudah banyak diterapkan di beberapa wilayah Kabupaten Toba dan juga di Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang.

Ketua Poktan Semangat Tani - Gunung Besar, Agun Silalahi mengakui sistem tanam Jajar Legowo yang diterapkan memberikan hasil yang lebih baik dan lebih banyak. 

Dia pun mendoakan TPL semakin sukses, dan operasional perusahaan juga berjalan dengan lancar.
 

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022