Kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan [Musrenbang] di Kecamatan Sitinjo, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara membuat mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian Medan [Polbangtan] memahami strategisnya sektor pertanian sebagai kegiatan prioritas pembangunan daerah dan nasional.

Sejumlah mahasiswa Polbangtan Medan dilibatkan oleh Camat Simon Toni Malau pada Musrenbang Kecamatan Sitinjo, membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan desa sebagai proritas di wilayah Kecamatan Sitinjo, baru-baru ini, sebagai wahana menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah [RKPD].

Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo mengatakan bahwa kegiatan Musrenbang sangat penting dalam mendukung program pemerintah, khususnya sektor pertanian dengan memperhatikan secara langsung program super prioritas bagi kepentingan petani. 

"Tidak banyak orang yang tahu apa yang kita lakukan, tapi kita tahu persis, mempersiapkan bukan hal yang mudah, karena kita harus tetap menyediakan pangan bagi seluruh rakyat." kata Mentan Syahrul.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementan [BPPSDMP] Dedi Nursyamsi melalui kegiatan Musrenbang diupayakan kegiatan prioritas peningkatan produktivitas pertanian, terintegrasi dengan keberlanjutan SDM pertanian dan kepastian pasar.

"Peningkatan kuantitas dan kualitas SDM pertanian, tidak membuat kita cepat puas maka dari Musrenbang dibahas dan disepakati usulan rencana kegiatan pengembangan SDM pertanian," kata Dedi.

Direktur Polbangtan Medan, Yuliana Kansrini menambahkan kegiatan Musrenbang yang dihadiri mahasiswa PKL seperti di Kecamatan Sitinjo, sebagai bagian dari upaya peningkatan soft skill mahasiswa.

“Kegiatan PKL II harus diikuti mahasiswa Polbangtan Medan untuk mendapat pengalaman dan keterampilan khusus sesuai bidang keahliannya sebagai penyuluh pertanian atau Perkebunan, minimal satu kali selama proses pendidikan," katanya.

Camat Sitinjo, Simon Toni Malau mengatakan pelaksanaan Musrenbang merupakan agenda rutin, yang dilakukan Camat Sitinjo beserta jajaran mempersiapkan perencanaan pembangunan 2022,

“Target perencanaan pembangunan Kecamatan Sitinjo, dengan memberikan program prioritas pada setiap desa untuk menyampaikan dua program super prioritas yang akan disampaikan pada Pemkab Dairi," katanya.

Banyak yang tidak paham dengan pemotongan anggaran, tapi kita tetap menciptakan ketersediaan pangan, itu salah satu yang harus kita lakukan.”

Pewarta: Juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022