Bupati Dolly P.Pasaribu membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (Musrembang RKPD) Kabupaten Tapanuli Selatan Tahun 2023.

Kegiatan Musrembang RKPD yang dihadiri unsur Forkopimda, Sekda Parulian Nasution dan organisasi perangkat daerah (OPD) serta stakeholder lainnya ini dilaksanakan di Aula Sarasi II Kantor Bupati Tapsel di Sipirok, Senin (21/3).

Kadis Kominfo Provinsi Sumatera Utara Kaiman Turnip juga hadir mewakili Gubernur Edy Rahmayadi, sedang nara sumber-nya Syahrul M.Pasaribu mantan Bupati Tapsel dua periode serta Kepala BPS Tapsel.

Bupati dalam sambutannya di antaranya tegas mengatakan, prioritas pembangunan Tapsel 2023 fokus terhadap peningkatan pendidikan, kesehatan, produksi dan produktifitas sektor pertanian, perkebunan, kelautan, perikanan serta kelautan.

"Kemudian peluang kerja, pelayanan ekonomi, sosial dan kemasyarakatan. Reformasi birokrasi, infrastruktur,  dan pariwisata, penanganan kebencanaan, pariwisata, pemuda dan olahraga. Semua muaranya kesejahteraan masyarakat," tambahnya.

Mengingat dampak COVID-19 terhadap pertumbuhan ekonomi nasional dan keuangan negara, kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) dalam rencana strategis dan rencana kerja tetap mengedepankan program prioritas.

"Program prioritas tersebut juga selaras dengan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) 2021-2026 telah di Perda kan, juga selaras pembangunan provinsi maupun nasional. Yang usulan nya juga dari tingkat desa dalam musrembang kecamatan," tegasnya.

Mengingatkan kemampuan APBD terhadap rencana pembangunan 2023 tambah dampak COVID-19, Bupati mengajak seluruh OPD agar betul-betul selektif mengusulkan program kegiatan yang prioritas.

"Lalu mengoptimalkan program dana desa/kelurahan, pro aktif mencari sumber dana di luar APBD seperti APBN, APBD Provinsi, CSR maupun sumber pembiayaan lainnya, lebih dari itu kesampingkan ego sektoral demi kesejahteraan masyarakat," katanya.

Hal itu kata Bupati sesuai tema Musrembang RKPD " Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat melalui Peningkatan Sumber Daya Manusia serta Pendukung Sektor-sektor Pendukung Perekonomian Daerah."

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022