Untuk mewujudkan generasi unggul, Kementerian Pertanian terus meningkatkan literasi melalui peran perpustakaan..Komitmen Kementan tersebut diimplementasikan oleh Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan] termasuk Polbangtan Medan yang berupaya menuju Perpustakaan Terakreditasi, dengan mengikuti Workshop Bimbingan Akreditasi Perpustakaan Perguruan Tinggi Wilayah I yang digelar oleh Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas) secara daring, baru-baru ini.

Workshop tersebut menghadirkan Pustakawan Ahli Utama Perpusnas RI, Adriati yang mengingatkan bahwa setiap perpustakaan harus terkareditasi, agar kepercayaan masyarakat [pemustaka] terhadap kinerja perpustakaan meningkat serta terjaminnya konsistensi kualitas kegiatan perpustakaan. 

Hal itu sejalan dengan seruan Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo bahwa peningkatan SDM pertanian oleh Kementan, tidak bisa lepas dari peningkatan literasi, termasuk di dalamnya peran perpustakaan. 

Baca juga: Wujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Dosen Polbangtan lakukan kolaborasi

"Untuk meningkatkan kemampuan, SDM pertanian harus meningkatkan kemampuan literasi, tentunya akan lebih maksimal apabila didukung perpustakaan," kata Mentan.

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian [BPPSDMP] Dedi Nursyamsi, mengatakan pengembangan literasi melalui perpustakaan di jajaran BPPSDMP sejalan dengan upaya dan target Kementan.

"Tujuan pembangunan pertanian adalah meningkatkan kesejahteraan petani. Hal itu akan diwujudkan dengan peningkatan kemampuan SDM, termasuk di dalamnya peningkatan literasi para petani, penyuluh, dan SDM pertanian lainnya," kata Dedi Nursyamsi.

Direktur Polbangtan Medan, Yuliana Kansrini mengatakan bahwa Perpustakaan Polbangtan Medan berupaya meningkatkan minat baca sekaligus mengenalkan pertanian kepada generasi muda dan masyarakat.

"Juga menjadi salah satu pusat promosi lembaga dan program Kementan kepada masyarakat luas, pelaku utama, dan pelaku usaha khususnya di wilayah kerja Polbangtan Medan," kata Yuliana.

Dia menambahkan Polbangtan Medan terus mendorong upaya peningkatan kemampuan jajarannya, untuk mendiseminasikan informasi pembangunan pertanian melalui berbagai pelatihan dan bimbingan teknis.

Pewarta: Rel

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022