Kepolisian Resor (Polres) Pematang Siantar menggelar tes cepat swab antigen bagi para tahanan di Rumah Tahanan Polisi (RTP) Polres Pematang Siantar untuk memastikan tidak terpapar COVID-19.

"Kegiatan swab rapid test antigen ini dilakukan Dokkes Polres Pematang Siantar guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19," kata Kapolres Pematang Siantar AKBP Boy S.B Siregar, melalui Kasat Tahti Iptu Sutari, Rabu.

Sutari menyebutkan, jika hasil tes cepat ini ada yang positif COVID-19 maka tahanan akan dikarantina untuk mencegah penyebaran ke tahanan lain.

Dari hasil tes cepat antigen terhadap 19 tahanan laki-laki dan dua tahanan perempuan semuanya hasilnya negatif  COVID-19.

"Ruang tahanan merupakan tempat yang sangat rentan penyebaran COVID-19.Sebab kondisinya tertutup dan dihuni para tahanan. Termasuk juga ketika ada pengunjung yang datang dan adanya tahanan baru," ucapnya.

Kasat Tahti mengatakan, pihaknya selalu menerapkan protokol kesehatan agar pandemi ini tidak menular. 

Para tahanan selanjutnya diberikan vitamin guna menjaga dan memulihkan stamina dan kekebalan tubuh mereka.

"Sebagai tindak lanjut penegasan Kapolri yakni prediktif, responsibilitas, restorasi dan keadilan, maka dilaksanakan tes swab antigen kepada para tahanan polres," katanya.
 

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022