Bupati Labuhanbatu Selatan, Edimin membuka Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) dan Festival Seni Qasidah (FSQ) ke-13 di Lapangan Pasar 1 Sumberjo, Desa Asam Jawa, Kecamatan Torgamba, Selasa (01/03) malam.

MTQ dan FSQ diselenggarakan dengan tema "Melalui MTQ & FSQ ke-13, Kita Tingkatkan Keimanan dan Ketaqwaan untuk Mewujudkan Labuhanbatu Selatan yang Sejahtera dan Bermartabat".

Kegiatan diperlombakan sebanyak 9 cabang perlombaan dan 58 golongan. Jumlah peserta MTQ sebanyak 206 orang, jumlah grup nasyid 14 group, dengan jumlah keseluruhan 220 orang dan grup.

Bupati Labuhanbatu Selatan, Edimin meyampaikan terima kasih kepada panitia dan semua pihak yang telah membantu terlaksananya MTQ dan FSQ ke-13.

Menurutnya, MTQ mempunyai posisi sangat penting dalam membangun mental spiritual ahlak bangsa dan merupakan wujud keinginan kuat untuk membumikan ajaran Alquran, dalam menegakkan syiar Islam untuk memperkokoh nilai-nilai agama dalam sendi-sendi kehidupan masyarakat.

Penyelenggaraan MTQ yang bersamaan dengan pelaksanaan festival seni qasidah tingkat Kabupaten Labuhanbatu Selatan, merupakan iktiar agar Alquran senantiasa diakrabi, dipelajari, dipahami, dan diamalkan.

"Agar tumbuh minat yang tinggi untuk mendalami Alquran sebagai pedoman hidup, maka syiar Islam diantaranya melalui bidang seni yang salah satunya adalah melalui festival seni qasidah," ujarnya.

Bupati mengintruksikan kepada Dewan Hakim dan Dewan Juri untuk dapat sungguh-sungguh, arif serta mengedepankan kejujuran dalam menilai seluruh peserta sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya, sehingga melalui kegkatan ini akan menghasilkan para juara yang nantinya akan menjadi duta Kabupaten Labuhanbatu Selatan di tingkat provinsi dan tingkat nasional.

Pewarta: Kurnia Hamdani

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022