Sebagai upaya penjaringan atlet National Paralympic Committee (NPC) muda potensial bagi kalangan pelajar disabilitas, pelaksanaan kejuaraan menjadi salah satu ajang yang tepat. Termasuk dalam melahirkan generasi atlet berprestasi baik di event nasional maupun internasional, perlu didukung pelaksanaan kejuaraan olahraga secara rutin dan berkesinambungan.

Gagasan tersebut dilakukan anggota DPRD Sumut Fraksi Partai Nasional Demokrat (NasDem) Tuahman Purba, yang telah menginisiasi kejuaraan olahraga antar Sekolah Luar Biasa (SLB) se Kota Medan.

Dalam menyukseskan kejuaraan nantinya, Tuahman juga menggandeng NPC Sumut sebagai pelaksana kegiatan. Turnamen ini juga mendapat dukungan dari Dinas Pendidikan, Dinas Pemuda dan Olahraga, dan dinas pariwisata. Gagasan ini tentu diharapkan bisa menjadi ajang pencarian bakat atlet difabel, yang bakal menjadi harapan bagi kota Medan maupun provinsi Sumut tampil di event lebih tinggi.


Anggota DPRD Sumut, Tuahman Purba mengakui, alasan dirinya menginisiasi kejuaraan tersebut adalah sebagai salah satu bentuk kepedulian dirinya dalam mendorong lahirnya atlet disabilitas khususnya di kota Medan. Mereka nantinya diharapkan menjadi generasi atlet senior yang saat ini menjadi harapan bagi provinsi Sumut maupun Indonesia di berbagai event olahraga.

"Saya ingin anak - anak di SLB nantinya bisa berprestasi mngikuti jejak - jejak seniornya yg sekarang sudah berprestasi dalam pembinaan di NPC. Dari itulah saya terus berkoordinasi dengan NPC untuk penyelenggaraan ini," ucap Tuahman di Medan, Rabu (9/1/2022).

Baca juga: Dispora Binjai siap penuhi kebutuhan atlet NPC guna prestasi Peparnas 2024

Tuahman berharap, kejuaraan olahraga antar SLB bisa rutin dilaksanakan sekaligus menjadi kalender event tahunan bagi NPC. Melalui kejuaraan lah salah satu momen bagi NPC bisa maksimal dalam mencari bibit atlet potensial.

"Saya berharap ke depannya kejuaraan antar SLB ini menjadi suatu agenda tahunan dan lebih besar lagi tentu penyelenggaraannya. Apalagi pada 2024 nanti Sumut menjadi tuan rumah Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas). Makanya, mulai dari sekarang kita harus sama - sama memikirkan untuk mencari atlet berbakat ya mulai dari SLB ini." harapnya.

Sementara apresiasi datang dari pengurus NPC Sumut terkait rencana kejuaraan olahraga tersebut. Ketua NPC Sumut, Alan Sastra Ginting mengucap terima kasih kepada Tuahman yang memiliki kepedulian dalam mendorong NPC Sumut dalam menjaring atlet disabilitas berprestasi. Melalui kejuaraan ini, Alan berharap antusias seluruh pelajar SLB dan dukungan sekolah untuk mendorong siswanya terjun sebagai olahragawan bisa berkelanjutan.

"Ini adalah bentuk kepedulian beliau agar kota Medan khususnya menjadi gudangnya atlet NPC di Indonesia. Kita akan berupaya semaksimal mungkin untuk menyukseskan kejuaraan ini. Saya juga mengajak semua SLB bisa ikut berpartisipasi di kejuaraan ini," kata Alan.

Alan tentu berharap, kejuaraan ini menjadi rangsangan para stakeholder olahraga di Sumut untuk bisa mendorong terlaksananya event - event di kabupaten/kota. Dikatakan Alan, dukungan ini tentu akan mendukung penuh program kerja NPC bisa melahirkan atlet potensial di tiap daerah.

"Saat ini kita memang fokus mencari atlet - atlet di kabupaten/kota. Kita jemput bola dan bina di Sumut. Tapi, kita berharap kepala daerah lebih peduli terhadap pembinaan yang dilakukan NPC kabupaten/kota di Sumut. Apalagi sekarang kita terus membina atlet berbakat untuk memperkuat Sumut di Peparnas 2024 nanti," harap Alan.

Dijadwalkan turnamen olahraga antar SLB se Kota Medan 2022 akan dilaksanakan pada pertengahan Maret, dengan mempertandingkan empat cabang olahraga, yakni atletik, catur, boccia, dan tenis meja.

Pewarta: Rilis

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022