Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Langkat melalukan Sosialisasi Pola Asuh Anak dan Remaja, guna memberikan pengetahuan lebih luas kepada para anggotanya.

Hal itu disampaikan Ketua DWP Langkat  Ny Indra Salahuddin, di Stabat, Rabu (26/1).

Ny Indra Salahudin menyampaikan pertemuan hari ini merupakan pertemuan yang tidak seperti biasanya karena seperti yang kita ketahui Kabupaten Langkat sedang mengalami musibah.

Namun kita tetap harus maju ke depan dan untuk saat ini jangan menjadi penambah isu. Kita doa kan saja dan serahkan  semuanya sesuai dengan hukum yang berlaku. 

Sementara itu penyampaian materi Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) Meide Yarni, SST, MKM dari PPK dan PPA  Langkat, menyampaikan tiga jenis pola asuh anak yaitu Permisif, Otoriter, dan Autoritatif. 

Dari ketiga pola asuh ini yang paling baik untuk diterapkan adalah pola asuh autoritatif.

Setiap anak punya keinginan, jadi untuk itu orang tua tidak boleh memberikan tekanan sesuai keinginannya orang tua. Biarkan anak tumbuh dan mampu memilih dan membuat keputusannya namun tetap diawasi, katanya.

Sedangkan pola asuh yang diterapkan untuk remaja sebagai orang tua dapat menjadi sahabat baginya. Agar anak remaja bisa terbuka dengan orang tuanya, karena usia remaja inilah yang banyak mengalami perubahan. 

Ajarkan norma agama agar anak tersebut bisa memilih mana yang baik dan buruk. Kemudian awasi penggunaan televisi dan handphone, bukan berarti tidak boleh sama sekali namun tetap diawasi agar terhindar dari efek negatif. 

Disela kegiatan ini Muamar penyandang Tuna Grahita peraih juara 3 lomba mendogeng se Sumatera Utara dari SDLB Kabupaten Langkat memberikan penampilannya yang kemudian dilanjutkan dengan pemberian bingkisan oleh Ketua DWP Kabupaten Langkat atas prestasinya. 

 

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022