Sejak turunnya bantuan Kementerian Perikanan dan Kelautan RI, pada 27 Mei 2021 berupa 1 unit excavator mini merek Sumitomo SH 75 dan alat berat tersebut telah bekerja di berbagai kecamatan se Tapanuli Selatan.

Bantuan Excavator mini ini diberikan kepada Koperasi Produsen Perikanan dan Pertanian (Periper) Tapanuli Selatan yang diketuai oleh Ardi Hasaoran dan didampingi oleh plt Kepala Dinas Sofyan Adil Siregar,SP,MM Pada Mei 2021 tahun lalu.

Beberapa capaian Kinerja yang telah dilakukan dari Koperasi Periper diberbagai kecamatan sangat signifikan. Hal ini ditujukan pada pembentukan dan rehab kolam-kolam ikan air tawar, pembukaan jalan usaha perikanan rakyat serta perbaikan saluran irigasi untuk saluran air ke kolam.

Pada tahun 2021 lalu, telah dibentuk, cetak dan rehab sebanyak 40 unit kolam, 850 Meter  jalan usaha perikanan dan 350 meter saluran irigasi yang sudah dikerjakan, yang terletak di kecamatan Saipar Dolok Hole dan kecamatan Sipirok.

Program terus beroperasi sampai Januari 2022 ini saja  telah dibentuk dan rehab 10 unit kolam dan 350 jalan usaha perikanan terletak di kecamatan Angkola Timur dan kecamatan Kecamatan Sipirok. Dan saat ini pun terus beroperasi sesuai dengan peruntukannya.

Ardi Hasaoran, Ketua Koperasi Periper mengatakan bahwa antusiasme masyarakat membentuk kolam ikan saat ini terus menanjak naik dengan adanya bantuan subsidi, dimana harga  penyewaan excavator yang teramat sangat terjangkau.

Petani Tapsel pengguna excavator, Atas Ritonga, mengatakan mereka sangat beruntung bisa diberikan manfaat dari Koperasi Produsen Periper itu. Harga sewa sangat membantu masyarakat, selama ini harga sewa excavator cukup mahal, namun kami sekarang terbantu dan semakin semangat.
 
Artinya dengan alat excavator mini ini, sesuai dengan kebutuhan masyarakat untuk cetak dan rehab kolamnya. Meskipun harus antrian atau menunggu jadwal pemakaiannya. 

"Karena excavator Koperasi hanya 1 unit saja. Kita terus berbenah untuk kualitas proses pencetakan kolam ikan air tawar , tentu terus bekerja dan terus memperdalam kemampuan teknis, ujar Ardi

"Selanjutnya, mereka terus  koordinasi dengan Sofyan Adil Siregar, selaku Plt. Kepala Dinas Perikanan Tapsel dan mendukung kami untuk terus bekerja di lapangkan, capaian kinerja ini juga bagian dari prestasi beliau memotifasi kami ,  ujar Ardi Hasaoran.

Semoga Budidaya Perikanan Air Tawar di Tapsel semakin memiliki akseralasi dengan adanya bantuan Kementrian Perikanan dan Kelautan RI dan ditopang dengan semangat kerja masyarakat.



 

Pewarta: Rilis

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022