Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) dan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara sepakat melakukan kerja sama dalam bidang penelitian, pemberdayaan masyarakat dan pengembangan sumber daya manusia.

"UMSU sangat bersyukur karena bisa menjalin kerja sama dengan Pemprov Sumut yang diharapkan bisa memberikan manfaat dan kebaikan baik dari sisi kelembagaan maupun masyarakat," kata Rektor UMSU Prof. Agussani di Medna, Senin.(3/1)

Ia mengatakan, penandatanganan naskah nota kesepahaman kerja sama ini melalui berbagai proses dan tahapan, sebelum akhirnya Pemprov Sumut membuka ruang untuk bekerja sama dengan UMSU.

"Dengan ditandatanganinya naskah MoU ini, maka keterlibatan UMSU dalam pelaksanaan program di Pemprov Sumut yang dilakukan melalui individu dosen, maupun unit kerja menjadi memiliki payung hukum yang kuat," katanya.

Baca juga: Rektor UMSU Prof Agussani dikukuhkan jadi guru besar

Ia juga menyampaikan, kerja sama tersebut merupakan bagian wujud pelaksanaan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Menurutnya, kegiatan pelaksanaan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat sulit dilakukan tanpa bermitra dengan pemerintah atau pihak lain.

Selanjutnya, dia berharap kerja sama tersebut bisa segera diimplementasikan langsung melalui organisasi perangkat daerah ( OPD) Pemprov Sumut.

“Gubernur sebagai pembuat kebijakan diharapkan mengimplementasikan ke OPD, agar akademisi bisa berperan dalam pembangunan, ” ujarnya.

Lebih lanjut, kerjasama UMSU juga dilakukan dengan beberapa pemerintah daerah kabupaten dan kota di Sumatera Utara untuk program yang sama yakni, peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia, Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat.

Sebelumnya Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengatakan, pembangunan di suatu daerah membutuhkan keterlibatan semua pihak, termasuk para akademisi.
Peran para akademisi yang memiliki keahlian beragam sangat diperlukan dalam pembangunan daerah.

"Peran akademisi ini sangat dibutuhkan dalam pembangunan, agar Sumut lebih baik ke depan. Ada berbagai masalah yang bisa diselesaikan dengan meminta pendapat akademisi," katanya.

Kerjasama tersebut tentang penelitian dan pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan pertimbangan akademis pada pembangunan daerah Sumut.

Adapun ruang lingkup kerja sama yang akan dilakukan antara lain pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, seminar publikasi, penerbitan lokakarya, pengelolaan SDM, pengkajian studi kelayakan dan lainnya.
 

Pewarta: Rilis

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022