Wall Street lebih rendah di tengah transaksi yang lesu pada akhir perdagangan Kamis (Jumat pagi WIB), mundur dari rekor tertinggi yang diraih di awal sesi didukung data AS yang kuat termasuk penurunan klaim mingguan untuk tunjangan pengangguran AS.

Indeks Dow Jones Industrial Average terpangkas 90,55 poin atau 0,25 persen, menjadi menetap di 36.398,08 poin. Indeks S&P 500 berkurang 14,33 poin atau 0,30 persen, menjadi berakhir di 4.778,73 poin. Indeks Komposit Nasdaq turun 24,65 poin atau 0,16 persen, menjadi ditutup di 15.741,56 poin.

Tujuh dari 11 sektor utama S&P 500 berakhir di zona merah, dengan sektor energi dan teknologi keduanya turun 0,68 persen, memimpin penurunan. Sementara itu, sektor real estate menguat 0,36 persen, merupakan kelompok dengan kinerja terbaik.

Dengan satu hari perdagangan tersisa, indeks S&P 500 ditetapkan untuk mengakhiri tahun dengan lebih dari 27 persen lebih tinggi, dengan Nasdaq naik sekitar 23 persen dan kenaikan tahunan Dow 20 persen. Masing-masing indeks utama Wall Street bersiap untuk lonjakan tiga tahun tertajam sejak 1997-99.

Investor menyambut baik laporan Departemen Tenaga Kerja AS bahwa jumlah orang Amerika yang mengajukan klaim pengangguran baru turun ke penyesuaian musiman 198.000 dalam minggu menjelang Natal, dari revisi 206.000 seminggu sebelumnya. Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan aplikasi mingguan akan naik menjadi 208.000.

Dalam data kuat AS lainnya, indeks manajer pembelian (PMI) Chicago menghasilkan 63,1, peningkatan bulanan 1,3 poin dan 1,1 poin di atas konsensus. Angka PMI di atas 50 menandakan aktivitas yang meningkat selama bulan sebelumnya.

Ekuitas telah reli baru-baru ini di tengah beberapa volume perdagangan tertipis yang pernah dilihat bursa saham AS karena liburan. Investor didorong oleh semakin banyak bukti bahwa varian Omicron menyebabkan infeksi COVID-19 yang tidak terlalu parah daripada varian Delta.

Pada Rabu (29/12/2021), penasihat penyakit menular AS Dr. Anthony Fauci mengatakan lonjakan kasus varian Omicron akan mencapai puncaknya pada akhir Januari.

"Data produsen yang kuat dari Chicago dan klaim pengangguran awal yang mengesankan terus menunjukkan ekonomi yang cukup sehat, menghilangkan kekhawatiran lanjutan yang jelas atas varian Omicron," kata Ryan Detrick, kepala strategi pasar di LPL Financial di Charlotte, North Carolina.

Detrick memperingatkan bahwa volume perdagangan musim liburan yang rendah dapat membesar-besarkan pergerakan harga.

Pasar saham berada dalam "Reli Santa Claus" musiman yang kuat yang biasanya terjadi dalam lima hari perdagangan terakhir tahun ini dan dua hari pertama tahun baru.

Di antara saham individu, Biogen Inc tergelincir 7,09 persen, menghapus keuntungan dari sesi sebelumnya karena Samsung BioLogics membantah laporan media yang mengatakan perusahaan Korea Selatan sedang dalam pembicaraan untuk membeli pembuat obat AS itu.

Saham Walt Disney Co mengalami kerugian lebih dari 20 persen tahun ini, sementara indeks saham Dow Jones secara keseluruhan berada di jalur untuk kenaikan 19 persen tahun ini.

Pada tahun 2022, investor akan mengalihkan perhatian mereka ke perkiraan kenaikan suku bunga AS dan pemilihan paruh waktu untuk Kongres AS, di mana Partai Demokrat yang dipimpin Presiden Joe Biden sekarang memegang mayoritas tipis.

“Tahun tengah semester cenderung menjadi yang paling fluktuatif dari siklus empat tahun," kata Detrick, menambahkan, “Investor cukup dimanjakan tahun ini. Jadi ketahuilah bahwa tahun depan tidak akan semudah itu.”

Volume transaksi di bursa AS mencapai 8,08 miliar saham, dibandingkan dengan rata-rata 10,83 miliar untuk sesi penuh selama 20 hari perdagangan terakhir.

Pewarta: Apep Suhendar

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021