Wali Kota Medan, Sumatera Utara, Bobby Nasution meminta Dinas Koperasi dan UKM membina istri-istri nelayan untuk meningkatkan perekonomian keluarga di Kelurahan Nelayan Indah, Medan Labuhan.

"Saya minta Dinas Koperasi dan UKM Kota Medan bekerja sama dengan BKM Masjid Jami’ Hanifah membina kaum ibu di sekitar masjid ini," kata Bobby di Medan, Jumat.

Hal ini disampaikan Wali Kota Medan didampingi sejumlah pimpinan OPD terkait di lingkungan Pemkot Medan usai melakukan Safari Jumat di Masjid Jami’ Hanifah, Kelurahan Nelayan Indah.

Baca juga: Pemkot Medan tambah bantuan tingkatkan mutu pendidikan di 2022

Setelah dibina, lanjut Bobby, maka Pemkot Medan memberikan bantuan permodalan agar mereka bisa membuka usaha. Pihaknya berjanji datang kembali melihat perkembangan usaha yang dijalankan.

Untuk tahap awal, Wali Kota Bobby memberikan akte notaris pendirian koperasi Masjid Jami’ Hanifah agar mendorong koperasi tumbuh dan berkembang serta bantuan dua unit steling.

Data terakhir Dinas Koperasi dan UKM Kota Medan menyebutkan, jumlah pelaku UMKM sebanyak 1.603 unit terdi dari usaha mikro 1.480 unit, usaha kecil 112 unit, dan usaha menengah 11 unit di daerah ini.

"Kita harapkan koperasi ini berjalan, sehingga membantu perekonomian jamaah dan warga sekitar masjid. Maka tidak kita dengar warga sekitar masjid tidak makan atau anak-anaknya tidak sekolah," ujar Wali Kota Medan.

Wali kota mengungkapkan bahwa bagi dirinya tidak asing dengan nama Masjid Jami’ Hanifah, karena masjid itu didirikan almarhum ayahandanya dan telah diwakafkan kepada warga setempat.

Di akhir Safari Jumat itu, Bobby juga menyerahkan bantuan Pemkot Medan sebesar Rp50 juta bagi kemakmuran Masjid Jami’ Hanifah serta 2.500 judul buku perpustakaan digital bagi warga sekitar, terutama anak-anak.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021