Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani didampingi Ketua DPRD Tapteng Khairul Kiyedi Pasaribu dan Wakil Ketua DPRD Tapteng Willy Saputra Silitonga, hadiri perayaan Natal Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Tapanuli Tengah bertempat di Gedung Serbaguna Pandan, Tapanuli Tengah, Minggu, (20/12).

Acara Natal yang diawali dengan ibadah dan liturgi ini mengambil tema "Kamu Adalah Terang Dunia" (Matius 5:14). Dan sebagai pembawa renungan Natal adalah Pendeta Abed Nego Silitonga, Praeses HKI Distrik VI.

Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani yang hadir usai acara ibadah, tidak lupa mengucapkan Selamat Hari Natal 25 Desember 2021 dan Tahun Baru 2022. “Semoga kasih Tuhan bersama kita,” ucap Bakhtiar.

Bupati pun mengungkapkan, terpilihnya Wakil Bupati Tapanuli Tengah Darwin Sitompul menjadi Ketua GAMKI Sumatera Utara, merupakan kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Kabupaten Tapanuli Tengah, karena ada putra terbaiknya bisa memimpin organisasi setingkat Sumatera Utara.

“Pada waktu pemilihan Ketua GAMKI Sumut, semua mata tertuju ke saya. Banyak yang menghubungi saya dan mengatakan, agar saya tidak mencampuri GAMKI. Lalu saya sampaikan kepada mereka, bahwa saya tidak mencampuri GAMKI, tetapi saya mendukung teman saya yang sedang mencalon menjadi ketua GAMKI Sumut,” ungkapnya.

Masih menurut Bupati, bahwa kerukunan umat beragama di Kabupaten Tapanuli Tengah telah terjaga dengan baik sejak dulu sampai sekarang. Dan dia masih mengenang masa kecilnya dulu di Barus.

“Di jaman saya sekolah dulu di Barus, di depan rumah kami itu ada rumah Amang Pendeta marga Tambunan, sekarang Amang itu sudah bertugas di Medan. Sangking akrap dan harmonisnya kami, kami memanggil beliu dengan sebutan “Pendeta kami” padahal kami muslim. Artinya, begitu dekatnya kerukunan dan keharmonisan itu,” ujarnya.

Demikian juga dengan Wakil Bupati ini, kiri-kanannya itu beragama Islam, tetapi ketika dia mencalonkan diri menjadi anggota DPRD Tapteng, banyak umat Islam yang memilihnya.

“Intinya, keharmonisan dan kekompakan antar umat beragama di Tapteng ini terjalin cukup baik. Sama halnya dengan kekompakan kami sebagai Bupati dengan Wakil Bupati Tapanuli Tengah, meski pun berbeda agama, tetapi tetap langgeng hingga menjelang akhir masa jabatan kami,” tandasnya.

"Saya selalu sampaikan ke pak Wakil Bupati, bahwa kita ini dilahirkan dan berteman bukan karena jabatan, tetapi karena persaudaraan. Dan tidak ada hal yang paling indah dari pada persaudaraan, karena jabatan itu akan berakhir,” pungkasnya.

Sebelumnya Ketua DPRD Tapteng, Khairul Kiyedi Pasaribu dalam sambutannya berharap kehadiran GAMKI di tengah-tengah masyarakat Tapanuli Tengah mampu memberikan nilai positif. Karena di era globalisasi ini sangat banyak pemuda yang telah terkontaminasi dengan tindakan-tindakan yang tidak baik.
Untuk itu ia berharap kepada GAMKI, agar dapat memberikan perubahan yang baik, apalagi saat ini narkoba ada di mana-mana.

Ketua GAMKI Tapteng yang telah terpilih sebagai ketua DPD GAMKI Sumut, Darwin Sitompul dalam sambutannya berjanji akan membawa GAMKI ke arah yang lebih baik.

“Kami mohon dukungan Pemkab Tapteng dan pak Bupati. Kami akan memberi hal positif kepada Pemkab dan juga masyarakat. Kami akan tunjukkan GAMKI peduli lingkungan dan bisa menjadi contoh khususnya di tengah-tengah Gereja," tegas Darwin seraya memohon doa kepada seluruh kader GAMKI, semoga kekompakannya sebagai Wakil Bupati dengan Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani terus terjaga baik.

Turut hadir dalam perayaan Natal ini DPC GAMKI Sibolga, DPC GMKI Sibolga, Pengurus DPC GAMKI, dan pengurus PAC GAMKI se-Tapanuli Tengah, Pendeta serta organisasi keagaman lainnya.

 

Pewarta: Jason Gultom

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021