Pekan Olahraga Provinsi Sumatera (Porprovsu) pada November 2022 yang merupakan salah satu ajang seleksi atlet menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024, akan mempertandingkan 17 cabang olahraga.

Ketetapan 17 cabang olahraga yang dipertandingkan di Porprovsu 2022 tersebut merupakan rekomendasi dari hasil rapat koordinasi teknis KONI Sumut bersama KONI kabupaten/kota dan Pengprov cabang olahraga se-Sumut yang digelar di Medan, Rabu-Kamis.(16/12)

Rapat koordinasi dipimpin Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis didampingi Wakil Ketua Prof Agung Sunarno, Krisyanto Pasaribu Sakiruddin, dan Sekretaris Umum Chairul Azmi.

Baca juga: Pertina Kota Medan dirikan Pusdiklat Tinju

Adapun ke-17 cabang olahraga yang dipertandingkan di Porprovsu tahun 2022 tersebut adalah bola voli, sepak bola, bulu tangkis,pencak silat, karate, drumband, atletik, biliar, taekowondo, wushu, tinju, tarung derajat, petanque, angkat berat, binaraga dan Muaytai.

"Ke-17 cabang olahraga yang dipertandingkan tersebut adalah yang memiliki minimal 17 pengcab yang aktif berada di KONI kabupaten dan kota. Porprovsu rencananya akan digelar November 2022," kata Jhon Ismadi Lubis.

Sementara untuk cabang olahraga yang tidak dipertandingkan dalam Porprovsu direkomendasikan menggelar kejuaraan daerah dan seleksi daerah untuk menyaring atlet yang akan dipersiapkan menghadapi PON 2024.

Cabang olahraga yang akan menggelar kejurda adalah balap sepeda, renang, bola basket, menembak, angkat besi, gateball, panahan, kick boxing.

Cabang olahraga yang menggelar selekda adalah arung jeram, panjat tebing, jujitsu, hoki, dayung, tenis lapangan, bridge, berkuda, kempo, judo, aerosport, sofballdan baseball, senam, anggar, dance sport, PSWAI, barongsai, bowling, golf, selam, esport, squash.

Sementara cabang olahraga catur, sepak takraw, gulat dan sepatu roda belum ditetapkan untuk masuk kejurda atau selekda.

Selain membahas terkait pelaksanaan Porprovsu, Kejurda dan Selekda, rapat koordinasi tersebut juga merekomendasikan bebarapa hal lainnya.

Seperti KONI Sumut bersama Unimed akan melaksanakan tes fisik dan kesehatan tahap II bagi atlet pelatda jangka panjang yang hasilnya akan menjadi evaluasi berkelanjutan apakah atlet masuk kembali dalam Pelatda Jangka panjang persiapan menuju PON/XXI/2024 Aceh-Sumut.

Atlet yang pernah berlaga di PON XX/2021 Papua, khusus cabang olahraga perorangan akan diakomodir menjadi atlet Pelatda Jangka Panjang di tahun 2022 dengan mempertimbangkan batasan usia atlet saat PON/XXI tahun 2024.

Tes fisik dan kesehatan bagi atlet Sumut yang pernah berlaga di PON Papua akan dilaksanakan Januari 2022.

Pewarta: Juraidi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021