DPRD menargetkan pemilihan calon anggota Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Sumatera Utara tuntas sebelum pergantian tahun. Sebab komisioner yang akan dipilih untuk periode 2021-2024, sehingga proses pemilihan tidak akan melewati tahun ini.

"Insya Allah bulan ini juga, jadi periode 2021-2024, kita tuntaskan bulan ini," kata Ketua Komisi A DPRD Sumut, Hendro Susanto, Rabu (8/12).

Sebelum sampai kepada pemilihan, Hendro mengatakan pihaknya terlebih dahulu melakukan uji publik selama sepuluh hari terhadap 21 nama calon anggota KPID Sumut yang telah diumumkan oleh timsel.

Dalam sepuluh hari ke depan atau sebelum menjadwalkan uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper tes, Hendro mengatakan pihaknya membuka diri untuk menerima masukan tentang 21 nama calon anggota KPID.

Baca juga: Pansel serahkan 21 nama calon anggota KPID ke DPRD Sumut

"Sesuai regulasi ditunggu waktu sepuluh hari untuk uji publik untuk mendapat masukan dari pihak luar. Kami mohon dukungan dari semua pihak untuk memberikan masukan terhadap 21 nama calon komisioner KPID yang sudah dipublikasi kemarin oleh timsel," tutur Politikus PKS ini.

Dalam kesempatan itu dia juga menyampaikan apresiasi kepada timsel yang telah bekerja maksimal dalam melakukan penjaringan. Selanjutnya DPRD Sumut khususnya Komisi A akan melakukan rapat internal untuk menentukan jadwal fit and proper tes.

"Berikutnya kita akan rapat di Komisi A dan akan dimasukkan ke Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Sumut, mohon doanya kita berharap dapat menghasilkan anggota KPID yang berkualitas, berkompeten, berintegritas, memiliki kapasitas untuk menghadirkan pengawasan penyiaran di Sumut," bilangnya.

Sebagai gambaran, menurut dia, agenda fit and proper tes yakni pendalaman serta perkenalan terhadap 21 nama calon anggota KPID.

"Selanjutnya kita akan memilih. Mekanisme memilih musyawarah atau voting nanti itu kembali dinamika di Komisi A," urainya.

Seperti diberitakan Timsel calon menyerahkan 21 nama calon anggota KPID kepada DPRD Sumut. Selanjutnya Komisi A DPRD Sumut akan memilih tujuh nama untuk dilantik menjadi anggota KPID Sumut periode 2021-2024.

Pewarta: Andika Syahputra

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021