Wali Kota Binjai Amir Hamzah pimpin apel gabungan di lingkungan Pemerintah sekaligus peluncuran ambulance lima ambulance "Binjai Sehat" di Lapangan apel Pemkot Binjai, Senin (6/12).

Dimana apel gabungan ini diikuti pula oleh Wakil Wali Kota Binjai Rizky Yunanda Sitepu, Sekretaris Daerah Irwansyah Nasution, Staf Ahli Wali Kota,  Asisten Sekretaris Daerah,  Inspektur, Sekretaris DPRD, Direktur RSUD Dr RM Djoelham, Kasat PolPP,  para Kepala Dinas, Kepala Badan, Kepala Bagian, Camat dan Lurah se-Kota Binjai, serta pejabat esselon III dan IV di Lingkungan Pemkot Binjai. 

Amir Hamzah menyatakan peluncuran mobil ambulance "Binjai Sehat" ini merupakan bagian dari program kerja visi misi Wali Kota, yaitu guna memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada warga masyarakat. 

Baca juga: Kapolres Binjai sambangi kediaman korban pembunuhan

Ia kemudian menjelaskan mobil ambulance "Binjai Sehat" yang diluncurkan ini berjumlah lima unit, yang masing-masing akan diberikan ke tiap kecamatan. 

Dimana tiap unit ambulance terdiri dari satu orang dokter, satu orang perawat, dan satu orang supir. 

Selain itu mobil ambulans ini juga akan dilengkapi dengan fasilitas obat-obatan dan oksigen. “Mobil ambulance ini adalah milik bersama, jadi saya minta agar senantiasa dirawat dan dijaga,” jelasnya.

Mobil ambulans "Binjai Sehat" ini kemudian direncanakan akan turun ke masyarakat setiap hari, dengan mengunjungi rumah warga yang memiliki riwayat penyakit yang sudah kronis, dan yang tidak dapat hadir ke pelayanan kesehatan. 

Selain itu juga dengan mengantar warga masyarakat yang memerlukan pelayanan kesehatan lanjutan di fasilitas pelayanan kesehatan. Kemudian mobil ini juga akan melakukan pemantauan terhadap kesehatan ibu dan anak. 

“Fasilitas ini merupakan upaya kita bersama untuk terus meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Kota Binjai,” ujar Wali Kota. 

“Untuk itu saya tekankan kepada Dinas Kesehatan, RSUD Dr RM Djoelham Binjai, Kepala Puskesmas, maupun Kepala Puskesmas Pembantu beserta jajarannya agar dapat memaksimalkan pelayanan kesehatan di dengan sebaik-baiknya,” tambahnya lagi. 

Hal ini dilakukan agar tidak ada lagi warga masyarakat yang mengeluh, ataupun mengalami kesulitan terkait pelayanan kesehatan. 

Wali Kota pun mengimbau kepada para camat beserta lurah di Kota Binjai untuk menginformasikan kepada jajarannya beserta kepala lingkungan di wilayahnya masing-masing, untuk mensosialisasikan hal tersebut kepada masyarakat. 

“Semoga dengan adanya mobil ambulans Binjai Sehat ini, diharapkan kedepannya dapat bermanfaat dan memenuhi harapan masyarakat akan perolehan pelayanan kesehatan yang bermutu di Kota Binjai,” tegasnya. 

Dikesempatan itu Amir Hamzah mengingatkan kepada para perangkat kecamatan dan kelurahan agar mengajak masyarakat untuk bergotong-royong membersihkan wilayahnya agar terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh cuaca buruk di musim penghujan, khususnya Demam Berdarah Dengue (BDB).

 

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021