Badan Intelijen Negara (BIN) menggelar vaksinasi COVID-19 dengan melakukan penyisiran dari pintu ke pintu (door to door) rumah masyarakat kelompok lanjut usia (lansia) di Kota Pematangsiantar.
 
"Prioritas vaksinasi kita saat ini adalah warga lansia," kata Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda) Sumut Brigjen Asep Jauhari Puja melalui keterangan tertulis yang diterima di Medan, Jumat (26/11).
 
Kegiatan vaksinasi ini dilakukan guna mendukung upaya pemerintah untuk percepatan kekebalan kelompok atau herd immunity dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Baca juga: Pasar Modal Indonesia vaksinasi 40.000 dosis di Asahan
 
Menurutnya, pelaksanaan vaksinasi lansia dengan metode dari pintu ke pintu ini sangat efektif dilakukan agar bisa segera mencapai target vaksinasi nasional.
 
"Harapan kita Indonesia bisa segera keluar dari pandemi COVID-19," katanya.
 
Sementara itu Wali Kota Pematangsiantar Hefriansyah Noor menyatakan akan melanjutkan gerakan BIN yang menyelenggarakan vaksinasi dari pintu ke pintu bagi masyarakat, khususnya lansia.
 
"Khususnya lansia, karena kalau datang ke fasilitas kesehatan kita mungkin memakan waktu karena sudah sepuh," katanya.
 
Ia mengimbau warganya yang sudah menjalani vaksinasi tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan 5M yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi.
 
"Ini semua bertujuan untuk memutus rantai penyebaran COVID-19," katanya.

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021