Kantor Imigrasi Sibolga menerima kunjungan monitoring dan evaluasi atau yang dikenal dengan istilah monev dari Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sumut, Kamis (25/11).

Tim monev yang berjumlah empat orang itu terdiri dari Kepala Subbidang Informasi Keimigrasian, Cut Ana Darmawan, Pengolah Data Laporan, Ruth Dumentha Sibuea beserta dua Analis Keimigrasian, Immanuel Simanjuntak dan Fauzi Abdullah

Menurut Kepala Kantor Imigrasi Sibolga, Saroha Simanullang, monev itu bertujuan untuk membuktikan dan mempertanggungjawabkan kepada masyarakat atas penggunaan anggaran yang dikelola (prinsip akuntabilitas), dan untuk menginventarisir faktor-faktor pendukung dan penghambat sebagai bahan evaluasi agar program atau kegiatan selanjutnya dapat lebih berdayaguna dan berhasil-guna (prinsip efektivitas dan efisiensi).

Oleh karena itu kata Saroha, pelaksanaan monev sangat krusial dalam penyelenggaraan pemerintahan yang berdasar pada good governance.

Ada pun sistem kerja monev ini sambung lagi, mencakup mulai dari proses pengumpulan data realisasi program/kegiatan, pelaporan kegiatan, hingga penilaian dan evaluasi capaian kinerja.

"Kunjungan ini dimaksudkan untuk memantau sejauh mana Kantor Imigrasi Sibolga telah memenuhi target kinerja B12 khususnya terkait dengan sosialisasi dan pelaksanaan kegiatan eazy paspor, beserta kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan tersebut," terang Saroha menambahkan.

Sementara itu Cut Ana Darmawan, selaku  Kepala Subbidang Informasi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sumut dalam kegiatan monev ini mengaku kagum dengan upaya yang dilakukan Kantor Imigrasi Sibolga terkait kinerja B12.

“Saya sungguh kagum dengan upaya Kantor Imigrasi Sibolga terkait pemenuhan target kinerja B12, meskipun banyak kendala-kendala yang dihadapi, namun mereka mampu memenuhi target kinerja yang diminta oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumut,” ujarnya.

Atas penilaian yang disampaikan Kepala Subbidang Informasi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sumut, Saroha Simanullang menyampaikan ucapan terima kasih.

"Terima kasih atas penilaian dan kunjungan tim monev ke Kantor Imigrasi Sibolga, walaupun jauh di pantai barat pulau Sumatera. Semoga dengan kunjungan tim monev ini membuat Imigrasi Sibolga semakin bersemangat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," kata Saroha.

Pewarta: Jason Gultom

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021